Comscore Tracker

PPDB Banten Sering Eror, Pendaftaran Siswa Baru Balik ke Web Sekolah!

Bisa ditempuh manual jika ada kendala teknis

Serang, IDN Times - Pemerintah Provinsi Banten mengembalikan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk sekolah menengah atas (SMA) jalur zonasi tahun 2022 ke situs website PPDB masing-masing sekolah.

Hal ini dilakukan lantaran, sistem pendaftaran PPDB online melalui situs website PPDB Banten sering mengalami kendala eror dan susah diakses.

"Kita memberi ruang kepada sekolah untuk tahapan pendaftaran online berbasis web sekolah," kata Pj Gubernur Banten Al Muktabar saat sosialisasi tahapan launching PPDB Banten 2022 di SMA 1 Ciruas, Kabupaten Serang, Jumat (20/5/2022).

Baca Juga: H-1 PPDB SMA Jalur Zonasi di Banten Berakhir, Website Kembali Eror!

1. Sistem IT PPDB Banten masih terbatas

PPDB Banten Sering Eror, Pendaftaran Siswa Baru Balik ke Web Sekolah!Gubernur Banten, Al Muktabar. (Dok. Bank Banten)

Berdasarkan hasil evaluasi, kata Muktabar, masih terdapat keterbatasan sistem IT, bila dilaksanakan terpusat pada situs website PPDB milik Dinas Pendidikan Provinsi Banten sehingga belum bisa beroperasi maksimal menampung pendaftaran PPDB se Banten.

"Prinsipnya harus dengan online itu terpenuhi. Kemarin kita punya keterbatasan sistem dan seterusnya kita coba dengan langkah seperti ini," katanya.

2. Kebijakan ini dinilai mampu meminimalkan masalah teknis yang kerap terjadi

PPDB Banten Sering Eror, Pendaftaran Siswa Baru Balik ke Web Sekolah!(Ilustrasi). Siswa dan wali murid berkonsultasi dengan petugas pusat layanan informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA 7 Solo, Jawa Tengah, Selasa (2/7/2019). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Dia menilai, kebijakan tersebut dinilai mampu meminimalkan masalah teknis yang kerap terjadi di lapangan pada pelaksanaan PPDB, setiap tahun. Jika ada kendala jaringan di sekolah tertentu, maka bisa dibantu oleh sekolah di sekitar atau menggunakan sistem manual.

"Bila ada hambatan administrasi dia akan terlokalisasi pada sekolah itu sehingga tidak akan mengganggu sekolah yang lainnya," katanya.

Baca Juga: 5 Daerah di Banten Sudah Tidak Ditemukan Kasus Baru COVID-19

3. Tahapan PPDB dijadwalkan dimulai 13 Juni 2022

PPDB Banten Sering Eror, Pendaftaran Siswa Baru Balik ke Web Sekolah!Suasana PPDB 2020 di Lebak di tengah pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Kendati demikian, Al Muktabar mengklaim bahwa hingga saat ini web masing-masing sekolah SMA di Banten sudah siap 100 persen. "Dan ini bukan hal baru sebenarnya. Dulu waktu saya datang sebagai Sekda 2019, kita melakukan itu," katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Banten Tabrani menyampaikan, tahapan pelaksanaan PPDB SMA di Provinsi Banten dijadwalkan akan dimulai pada 13 Juni 2022 mendatang. "Tahapan pengumuman pendaftaran dan lain-lain nanti kita akan sampaikan," katanya.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya