Profil Tia Rahmania, Caleg Terpilih Dapil Banten I yang Dipecat PDIP 

Ini kali kedua Tia gagal duduk di Senayan

Intinya Sih...

  • Tia Rahmania gagal duduk di Senayan meski telah terpilih sebagai Caleg periode 2024-2029.
  • Sebelum dipecat, Tia adalah kader PDIP dan pernah menjabat Ketua DPD Banteng Muda Indonesia (BMI) Banten.
  • Tia unggul dalam Pileg 2024 dengan 37.359 suara namun dipecat karena penggelembungan suara, digantikan oleh Bonnie Triyana.

Serang, IDN Times - Tia Rahmania merupakan calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI daerah pemilihan (Dapil) Banten I. Namanya, kini tengah hangat diperbincangkan usai gagal duduk di Senayan meski telah ditetapkan sebagai Caleg terpilih periode 2024-2029.

Beberapa hari menjelang pelantikan, Nama Tia digantikan oleh sejarawan Bonnie Triyana. Tia dipecat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) karena terbukti melakukan penggelembungan suara.

Lantas siapakah sosok Tia Rahmania?

Baca Juga: Alasan PDIP Pecat Tia Rahmania, Terbukti Gelembungkan Suara 

1. Sebelum terjun politik, Tia merupakan seorang akademisi

Profil Tia Rahmania, Caleg Terpilih Dapil Banten I yang Dipecat PDIP Dok. Istimewa/instagram.tiarahmania

Merujuk laman Komisi Pemilihan Umum (KPU), Tia Rahmania lahir di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah pada 30 Maret 1979. Selain dikenal sebagai kader PDIP, Tia adalah psikolog.

Sebelum terjun ke politik, Tia pernah menduduki jabatan sebagai Dekan Fakultas Falsafah dan Peradaban dan dosen Program Studi Psikologi Universitas Paramadina.

Sebelum dipecat, Tia menjabat Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Banteng Muda Indonesia (BMI) Banten. BMI adalah organisasi sayap PDIP yang terbentuk pada 29 Maret 2000 di Semarang, Jawa Tengah.

2. Pernah maju 2019 di Dapil yang sama, Tia tumbang oleh trah Jayabaya

Profil Tia Rahmania, Caleg Terpilih Dapil Banten I yang Dipecat PDIP Anggota DPR periode 2024-2029 dari PDIP, Tia Rahmania ketika hadir di acara Lemhanas. (Tangkapan layar YouTube Lemhanas)

Berdasarkan informasi yang dihimpun, perjalanan Tia di dunia politik bermula ketika ia bergabung dengan PDIP pada 2019. Di tahun itu, Tia maju sebagai Caleg DPR dapil Banten I. Pada tahun pertama nyaleg itu dia memperoleh suara sebanyak 30.000 lebih.

Sayangnya perolehan suara tersebut belum mampu mengantarkan Tia ke Senayan karena kalah dari putra mantan Bupati Lebak dua periode Mulyadi Jayabaya, Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya, yang memperoleh 40.000 lebih suara.

3. Tia ditetapkan jadi Caleg terpilih di Pemilu 2024, namun dipecat partai

Profil Tia Rahmania, Caleg Terpilih Dapil Banten I yang Dipecat PDIP Dok. Istimewa/instagram.tiarahmania

Pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, Tia kembali mencoba peruntungan mencalonkan diri sebagai anggota DPR.

Usahanya mendulang suara di Banten membuahkan hasil setelah ia menggeser posisi Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya yang sudah dua periode duduk di DPR sejak 2014.

Berdasarkan rekapitulasi KPU suara, Tia Rahmania unggul dengan perolehan sebanyak 37.359 suara. Namun, harapan Tia duduk di Senayan berakhir setelah ia dipecat karena ada putusan Mahkamah Partai atas perkara penggelembungan suara yang dilaporkan rival se partai, yakni Bonnie Triyana.

Berdasarkan putusan majelis Mahkamah Partai yang diketuai Yasonna H Laoly, Tia Rahmania terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan penggelembungan suara sebesar 1.626 suara dengan cara memindahkan suara caleg lain dan suara partai kepadanya.

Setelah dilakukan penyandingan, suara Tia terkoreksi menjadi sebanyak 35.760 suara. Sementara, suara Bonnie 36.504 suara. Maka perolehan suara pemohon, ternyata melebihi perolehan suara termohon dengan selisih sebanyak 744 suara sehingga berhak menduduki kursi DPR RI Dapil Banten I

"Merekomendasikan kepada DPP PDI Perjuangan untuk menetapkan pemohon caleg nomor urut 1 atas nama Bonnie Triyana sebagai calon anggota DPR RI terpilih untuk pengisian keanggotaan DPR RI Dapil Banten I (Lebak-Pandeglang," berikut bunyi amar putusan Mahkamah Partai.

Baca Juga: Bonnie Triyana Jadi Pengganti Anggota DPR RI Terpilih Dapil Banten I

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya