Comscore Tracker

Satu Tahun Tsunami Banten, Okupansi Hotel Baru 20 Persen

Kunjungan wisatawan ke pantai menurun drastis

Banten, IDN Times - Pemerintahan Provinsi Banten belum mampu mengembalikan kondisi pariwisata pesisir Pantai Anyer dan Carita pascasatu tahun peristiwa bencana tsunami Selat Sunda.

Hal itu terlihat dari kunjungan wisatawan yang menginap di sejumlah hotel yang hanya mencapai angka 20 persen di momen liburan panjang sekolah dan pergantian tahun.

1. Kunjungan wisatawan ke pantai menurun drastis

Satu Tahun Tsunami Banten, Okupansi Hotel Baru 20 Persen(Pantai Anyer) IDN Times/Dwifantya Aquina

Dalam kondisi normal, kunjungan di momen seperti ini biasanya bisa naik tiga kali lipat dari biasanya, sehingga seluruh kamar hotel terisi penuh. Namun setelah kejadian tsunami Anyer tahun lalu, kunjungan wisatawan menurun drastis.

“Kondisi ini tentu sangat merugikan bagi perekonomian daerah dan juga masyarakat sekitar. Apalagi momen akhir tahun ini kondisi tingkat huniannya hanya mencapai 20 persen, padahal di tahun-tahun sebelumnya momen pergantian tahun itu tingkat hunian hotel sangat tinggi,” kata Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Selasa (31/12).

Baca Juga: Kisah Mistis di Villa Stephanie, Tempat Terparah Tsunami Banten 2018 

2. Okupansi hotel baru mencapai 20 pesen pasca tsunami

Satu Tahun Tsunami Banten, Okupansi Hotel Baru 20 Persen(Pantai Anyer) IDN Times/Dwifantya Aquina

Okupansi 20 persen ini, lanjut Andika, merupakan perhitungan PHRI menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Kondisi riilnya bisa menurun sampai 5 persen, mengingat kondisi Gunung Anak Krakatau (GAK) yang sekarang ini sudah berstatus waspada.

“Meskipun kita tidak tahu bencana itu kapan datangnya, namun kewaspadaan itu penting dilakukan,” ujarnya.

3. Pemprov minta bantuan Pemerintah Pusat untuk pemulihan pariwisata pesisir

Satu Tahun Tsunami Banten, Okupansi Hotel Baru 20 PersenIDN Times/khaerul anwar

Untuk itu, dia meminta bantuan kepada pemerintah pusat untuk ikut terlibat membantu proses pemulihan kondisi pariwisata di Anyer dan sekitarnya. Mengingat, jika hanya mengandalkan dari Pemprov tidak akan mampu menyelesaikan permasalahan ini.

“Saya sudah sampaikan aspirasi itu kepada anggota DPD RI asal Banten pak Abdi Sumaeti ketika melakukan kunjungan ke Pemprov. Beliau sangat mensuport dan akan menyampaikan aspirasi ini ke Kementerian Pariwisata, agar dapat sentuhan dari pusat,” katanya.

Baca Juga: Pantai Pesisir Selatan Banten Belum Dipasang Alat Pendeteksi Tsunami 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya