Anaknya Tewas Dianiaya Teman, Orangtua: Pengelola Pesantren Lalai

Namun, pihak keluarga tak akan menuntut pihak ponpes

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Orangtua dari BD (15), santri Pondok Pesantren Daar El Qolam, Gintung, Balaraja, Kabupaten Tangerang yang tewas akibat dianiaya teman seangkatannya menyebut, ada kelalaian dari pihak pesantren. Pasalnya, saat korban tak masuk kelas usai dipukul, tak ada satupun ustaz yang mengecek kondisi putranya tersebut.

"Saya titip anak di pesantren supaya dijaga, diawasi dengan baik, tapi sayangnya dengan insiden ini berarti pihak pondok (pesantren) lengah dalam mengawasi santrinya," kata Wahyudi, orangtua BD, pada Senin (8/8/2022).

1. Keluarga sudah bertemu dengan pelaku penganiayaan putranya

Anaknya Tewas Dianiaya Teman, Orangtua: Pengelola Pesantren LalaiIDN Times/Dok. Polsek Cisoka

Wahyudi mengungkapkan, ia telah dipertemukan dengan pelaku penganiayaan anaknya, yakni R (15). Pelaku sempat mengakui bahwa ia dan BD berkelahi hingga akhirnya korban meregang nyawa.

"Sampai pondok (pesantren), anak saya sudah meninggal," ungkapnya.

2. Keluarga tak akan menuntut pondok pesantren

Anaknya Tewas Dianiaya Teman, Orangtua: Pengelola Pesantren LalaiIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Meski menurutnya telah lalai, Wahyudi menegaskan tak akan menuntut pihak pondok pesantren Daar El Qolam atas insiden yang dialami anak laki-laki satu-satunya tersebut. Namun, ia meminta ponpes untuk lebih meningkatkan pengawasan kepada para santrinya.

"Sehingga insiden yang dialami anak saya tidak terulang lagi," tegasnya.

3. BD sempat mengeluh sakit kepala sebelum tak sadarkan diri

Anaknya Tewas Dianiaya Teman, Orangtua: Pengelola Pesantren LalaiSantri di Balaraja Tangerang meninggal usai berkelahi dengan teman (Dok.IDN Times/Dok. Polsek Cisoka)

Sementara itu, Kapolresta Tangerang Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma mengungkapkan, saat kejadian pelaku R sempat menendang bagian kepala korban sebanyak 2 kali, sebelum akhirnya dipisahkan oleh para santri. Hal ini berdasarkan keterangan saksi.

"Akibat perbuatan R, korban BD mengalami sakit di bagian kepala dan tidak masuk kelas. Karena tidak sadarkan diri sekitar pukul 14.00 WIB korban dibawa oleh pengasuh ke Klinik Fita Farma Tangerang," jelas Raden.

Saat sedang melakukan penanganan di Klinik Gita Farma, korban dinyatakan pada tubuh BD sudah ada tanda-tanda kematian, kemudian korban oleh pengasuh ponpes di bawa ke RSUD Balaraja untuk memastikan lebih jelas kondisi korban.

"Untuk saat ini pihak kepolisian masih mendalami keterangan saksi-saksi dan hasil pemeriksaan medis terhadap tewasnya santri Pondok Pesantren modern Dasar El Qolam, Tangerang tersebut," tuturnya.

4. Korban sudah dimakamkan oleh keluarga

Anaknya Tewas Dianiaya Teman, Orangtua: Pengelola Pesantren LalaiIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sementara itu, pantauan IDN Times di lokasi, jenazah korban telah dimakamkan di pemakaman keluarga di Kampung Alang, Desa Kebon Cau, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang. Tangis orangtua dan keluarga pun mengiringi pemakaman tersebut. Diketahui, korban dimakamkan usai menjalani autopsi untuk mengetahui penyebab kematian.

Baca Juga: Pemkab Tangerang Imbau Orangtua Lengkapi Imunisasi Balitanya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya