Comscore Tracker

Tukang Galon Ini Ikut Maju Pemilihan Wali Kota Tangsel 2020 

Bacalon Wali Kota dari anak Wapres sampai tukang galon

Tangerang Selatan, IDN Times - Menjelang pemilihan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada 2020 mendatang, nama-nama bakal calon sudah mulai bermunculan.

Para calon tersebut antara lain mengikuti penjaringan yang dilakukan DPC PDIP Tangsel. Uniknya, para pendaftar tak hanya berasal dari kalangan elite seperti anak wakil presiden dan perwira TNI, tapi juga ada tukang galon.

1. Dengan motor gerobaknya, Yusrianto mantap melamar ke PDIP Tangsel

Tukang Galon Ini Ikut Maju Pemilihan Wali Kota Tangsel 2020 Dok. IDN Times

Yusrianto, warga kampung Cilalung, Ciputat, Tangsel, kesehariannya berdagang air mineral galon dan gas elpiji 3 kilogram.

Hari ini ia datang ke kantor DPC PDI Perjuangan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) untuk melamar jadi Wali Kota Tangsel. Serunya, Yusrianto datang dengan mengunakan gerobak motor bernopol B 6306 GZA lengkap dengan 33 galon kosong.

Yusrianto yang mengenakan batik corak merah hitam berlambang banteng moncong putih mengatakan dirinya berani maju dalam pemilihan wali kota Tangsel karena mendapat dukungan dari teman-temannya di GMNI Komisariat UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat.

“Saya kan aktivis GMNI, yang membuat saya percaya diri, pertama keyakinan saya terhadap Tuhan, dan restu dari GMNI. Kita memang masih komunitas kecil, tapi sejarah yang membuat kami besar. Saya tinggal di Cilalung,” jelasnya.

Baca Juga: Bursa Pilwalkot Tangsel, Adik Airin Melamar ke PDIP

2. Tukang galon ini ingin masyarakat Tangsel sejahtera

Tukang Galon Ini Ikut Maju Pemilihan Wali Kota Tangsel 2020 IDN Times/Muhamad Iqbal

Selain berjualan galon air minum dan gas 3 kilogram, Yusri juga aktif dalam koperasi simpan pinjam dan permodalan usaha kecil menengah. Pengalaman di bidang koperasi inilah yang membuatnya makin percaya diri.

“Tujuan saya maju ingin membangun kesejahteraan rakyat. Saya ingin di Tangsel berdiri kampung-kampung industri kreatif, sehingga bisa saling menukar kebutuhan pokok, tetapi bukan barter,” ucapnya.

3. Bermodal keyakinan dan sedikit uang dari hasil jualan galon

Tukang Galon Ini Ikut Maju Pemilihan Wali Kota Tangsel 2020 IDN Times/Fitria Madia

Menurut Yusri, dirinya hanya bermodal keyakinan, dukungan dari GMNI, dan sedikit dari jerih payahnya berjualan galon, demi untuk bertarung dalam politik tingkat daerah itu.

“Ya yang pasti modal keyakinan lebih dahulu, yang lain-lain ya bisa diatur lah nanti,” tutupnya.

4. PDIP Tangsel bukan pendaftaran calon wali kota Tangsel

Tukang Galon Ini Ikut Maju Pemilihan Wali Kota Tangsel 2020 IDN Times/Muhamad Iqbal

Sebelumnya diberitakan, Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan membuka pendaftaran bakal calon wali kota Tangerang Selatan (Tangsel) sejak beberapa waktu lalu. Hingga Senin (16/9) setidaknya sudah ada 13 orang mendaftar. Mereka tak hanya dari internal partai, tapi juga dari partai lain seperti Demokrat, Nasdem dan Golkar.

Baca Juga: Melamar ke PDIP, Keluarga Jayabaya Siap Tarung di Pilkada Pandeglang

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You