Comscore Tracker

Viral Video Seorang Ibu Ucapkan HUT Tangsel Saat Rumahnya Hampir Roboh

Di hari ultah Tangsel ke-11 warga ini merintih

Tangerang Selatan, IDN Times - Di tengah gemerlapnya pesta perayaan hari lahir Kota Tangerang Selatan pada Selasa (26/11) lalu, salah seorang warga kelurahan Muncul, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan bernama Suhani (44), merintih meminta pertolongan karena rumahnya hampir roboh.

Rintihan dan permohonan bantuannya tersebar melalui video yang viral di media sosial dan grup-grup WhatsApp warga Tangerang.

Dalam video berdurasi 30 detik itu, Ruhani mengucapkan selamat ulang tahun untuk Kota Tangsel yang ke-11 tahun, dengan gambar wajahnya dan curahan air hujan yang masuk melalui atap rumahnya yang bocor.

"Selamat ulang tahun Tangsel yang ke-11 semoga lebih maju walaupun rumah saya kebocoran, saya cuma butuh ember buat nadangin air," kata Ruhani dalam video tersebut.

1. Sudah lebih dari dua tahun rumahnya hampir roboh

Viral Video Seorang Ibu Ucapkan HUT Tangsel Saat Rumahnya Hampir RobohIDN Times/Muhamad Iqbal

IDN Times berhasil menemui Suhani dan keluarganya di kediaman mereka, Rabu (27/11). Saat diwawancarai, ibu dua anak ini mengaku kondisi memprihatinkan rumahnya sudah berlangsung lebih dari dua tahun.

"Sudah lama lebih dari dua tahun kondisi ini, sudah coba lapor ke kelurahan, cuma belum ada respons, (katanya) sudah masuk programnya cuma tahun 2020," kata Suhani.

Baca Juga: Warga Tangerang Geger Temukan Benda Diduga Bom

2. Buat video ucapan ulang tahun Tangsel karena bingung minta bantuan kepada siapa

Viral Video Seorang Ibu Ucapkan HUT Tangsel Saat Rumahnya Hampir RobohIDN Times/Muhamad Iqbal

Suhani menjelaskan, dia membuat video tersebut pada Selasa (26/11) bertepatan dengan malam pesta inaugurasi perayaan ulang tahun Kota Tangsel. Dia mengaku, terpaksa melakukan itu karena sudah bingung meminta pertolongan siapa lagi untuk memperbaiki rumahnya yang hampir ambruk.

"Semalem pas hujan, saya suka sedih gitu rumah kaya gitu, pengen ngebetulin gak ada uang, saya cuma rakyat kecil, pengen diperhatiin aja makanya buat video," ungkapnya.

3. Videonya viral, banyak pejabat datangi rumah Suhani

Viral Video Seorang Ibu Ucapkan HUT Tangsel Saat Rumahnya Hampir RobohIDN Times/Muhamad Iqbal

Suhani mengakui, setelah videonya viral pada pagi hari pukul 08.00, pihak pemerintah dan pesuruh-pesuruh anggota DPRD Tangsel mengunjungi rumahnya untuk memberi bantuan. Namun begitu, bantuan yang diberikan hanya untuk menambal kebocoran atap rumah saja.

"Kan (program bedah rumah dari pemerintah) masih lama 2020, takutnya keburu ambruk," ungkap Suhani.

Suhani mengatakan, dia tak sanggup untuk memperbaiki rumah yang diisi dua kepala keluarga yaitu dia dan keluarga kakaknya. Dia yang hanya berdagang makanan dan minuman kecil-kecilan, dan suaminya yang bekerja sebagai tukang bersih-bersih di kantor polisi dengan gaji Rp700 ribu per bulan, tak sanggup menyiapkan uang untuk memperbaiki rumah mereka karena uang penghasilan keluarga hanya cukup untuk biaya hidup.

"Saya cuma dagang kecil-kecilan, es, penghasilan gak tentu, kalau lagi ramai ya kadang 200, suami juga cuma bersih-bersih di kantor Polsek, gajinya cuma 700," ungkapnya.

4. Suhani sudah minta tolong dari 2017, tapi dijanjikan bantuan pada 2020

Viral Video Seorang Ibu Ucapkan HUT Tangsel Saat Rumahnya Hampir RobohIDN Times/Muhamad Iqbal

Suhani menjelaskan, dia sudah minta tolong kepada pemerintah melalui kelurahan untuk mendapat bantuan perbaikan rumah dari dua tahun lalu. Namun, Suhani harus bersabar karena diminta menunggu sampai 2020.

"Saya sudah laporan dari 2017, tapi katanya 2020 baru bisa," kata Suhani.

Namun, memasuki musim hujan, Suhani dan keluarganya was-was rumah mereka akan ambruk karena air hujan yg masuk ke dalam rumah melalui atap yang bocor.  

Topic:

  • Sunariyah

Just For You