Dua Proyek untuk Porprov Banten 2022 Belum Rampung

Padahal pekan olah raga Banten itu digelar November 2022 di Tangerang

Tangerang, IDN Times - Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten akan berlangsung pada 11-22 November 2022 di Kota Tangerang. Namun, sarana dan prasarana untuk pelaksanaan pesta olahraga ini belum rampung seratus persen.

Seperti pembangunan Venue Sport Center di kawasan Perumahan Green Lake City, Kecamatan Cipondoh dan Tangerang Live Super Blok di Modernland. Berdasarkan pantauan di lapangan, Venue Sport Center masih berupa fondasi saja. Sedangkan, Tangerang Live Super Blok di Modernland sudah berbentuk bangunan dengan empat lantai, meskipun belum rampung.

1. Proyek-proyek itu ditargetkan Rampung Oktober 2022

Dua Proyek untuk Porprov Banten 2022 Belum RampungHumas Pemkot Tangerang

Kepala Bidang Pembangunan pada Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kota Tangerang, Fachri Yudi mengatakan, pembangunan dua venue tersebut masih berjalan sesuai dengan kontrak dengan anggaran multiyears (jamak), sejak Desember 2021 hingga Desember 2022. 

"Karena kan satu tahun anggaran, tapi mau kita kejar di Oktober agar bisa dipakai untuk Porprov," kata Yudi pada Selasa, (31/5/2022).

Nantinya, Sport Center itu diperuntukkan bagi venue panjat tebing, futsal, bola tangan, voli pantai, dan hoki. Proyek ini menghabiskan dana APBD Kota Tangerang lebih dari Rp30 miliar. Sedangkan, Tangerang Live Super Blok digunakan untuk asrama dan pemusatan latihan atlet. Proyek ini menelan anggaran lebih dari Rp50 miliar.

2. Venue lainnya sudah rampung, tinggal difungsikan

Dua Proyek untuk Porprov Banten 2022 Belum RampungIrfan Maulana

Dia mengaku, pihaknya mengebut dua proyek itu sebelum Porprov Banten terlaksana pada November 2022. Di sisi lain, proyek lainnya sudah rampung, yakni rehabilitasi Stadion Benteng, Stadion mini dan GOR.

"Rehabilitasi GOR sudah kita lakukan, walaupun dengan anggaran terbatas, tinggal pakai saja," kata Yudi.

3. Venue panjat tebing belum ada, Dinas Perkim Kota Tangerang segera buka lelang proyeknya

Dua Proyek untuk Porprov Banten 2022 Belum RampungIrfan Maulana

Yudi menuturkan pihaknya masih akan membangun satu venue lagi untuk cabang olahraga panjat tebing. Dinas Perkim Kota Tangerang bakal membangun wall climbing di lokasi Sport Center Green Lake City. "(Venue) Panjat tebing baru mau saya lelang karena anggarannya baru ada tahun ini," tuturnya.

Sejauh ini, belum ada kepastian kapan lelang itu akan dibuka, namun Yudi menargetkan pembangunanya memakan waktu empat bulan.

"Kalau lelang lancar dan tidak ada lelang ulang, semoga bisa selesai. Nah terus itu bisa dipakai. Kalau belum, itu jadi kendala," jelasnya.

Belum diketahui jumlah anggaran yang dikucurkan untuk pembangunan wall climbing tersebut. 

"Artinya saya dari perkim akan diusahakan sesuai kontrak dan target jadwal tapi itu tergantung dengan penyedia.  Ya mudah-mudahan bisa selesai," kata dia. 

Baca Juga: Virtual Job Fair Kota Kota Tangerang Siap Digelar Juni Mendatang

Irfan Maulana Photo Community Writer Irfan Maulana

Terbentur, terbentur, terbentur, terbentuk.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya