Comscore Tracker

Dinkes Kota Tangerang Sidak Venue Porprov VI Banten  

Petugas periksa semua aspek, bahkan hingga hotel

Tangerang, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangeran memeriksa dan  menginspeksi lingkungan venue Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten 2022. Inspeksi ini merupakan bagian dari pengawasan. 

Kabid Kesehatan Masyarakat, Dinkes Kota Tangerang Indri Bevy mengatakan, Inspeksi Kesehatan Ligkungkan (IKL) venue merupakan langkah untuk mengamati secara langsung ke seluruh venue yang tersedia.

“Dinkes telah bergerak sekitar satu minggu terakhir ini. Sejauh ini, sudah sekitar 28 venue ditinjau oleh tim khusus Dinas Kesehatan," kata Indri, seperti dikutip dari laman Antara, Jumat (18/11/2022).

1. Inspeksi juga dilakukan hingga ke hotel

Dinkes Kota Tangerang Sidak Venue Porprov VI Banten
 Ilustrasi Stadion di Tengah Pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Fauzan)

Inspeksi dan  pemeriksaan dilaksanakan berdasarkan standar, norma, dan baku mutu yang berlaku untuk meningkatkan kualitas lingkungan yang sehat.

Tak hanya di sekitar venue, menurut Indri, IKL juga dilakukan pada hotel di Kota Tangerang untuk menjamin kenyamanan, kebersihan dan kesehatan hotel untuk para atlet maupun tamu acara sepanjang ajang  Porprov VI Banten berlangsung.

Baca Juga: Api Porprov Bakal Keliling di 8 Kabupaten/Kota di Banten

2. Petugas memeriksa kualitas air hingga makanan yang dijual di lingkungan venue

Dinkes Kota Tangerang Sidak Venue Porprov VI Banten
 IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Banyak hal yyang menjadi target pemeriksaan dan pengawasan. Idri mengungkap, petugas memeriksa kualitas air bersih, kelayakan resapan air, sarana sanitasi seperti toilet dan tempat sampah, ruang P3K, sistem tanggap darurat tribun, pencahayaan, kebisingan, hingga kesehatan makanan yang dijual di sekitar venue.

“Hasilnya, beberapa venue cukup memenuhi syarat namun dengan catatan. Seperti halnya, masih harus menambah sarana prasarana cuci tangan dan tempat sampah atau perlengkapan penanda pada lokasi di venue,” katanya.

3. IKL venue ini, diharapkan dapat memberikan keamanan dan kenyamanan para atlet, tamu, maupun penonton

Dinkes Kota Tangerang Sidak Venue Porprov VI Banten
 ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Tim Dinkes telah membuat berita acara terkait apa yang kurang atau perlu ditambah. Dalam prosesnya, Dinkes pun akan melakukan pendampingan untuk memaksimalkan venue yang lebih berstandar kesehatan lingkungannya.

“IKL venue ini, diharapkan dapat memberikan keamanan, kebersihan dan kenyamanan para atlet, tamu, maupun penonton Porprov VI Banten,” katanya.

IKL dari Dinkes akan dilanjutkan dengan inspeksi kesehatan katering yang terlibat dalam Porprov VI Banten untuk memastikan makanan minuman atau asupan yang dikonsumsi atlet dan lainnya dalam kondisi aman dan sehat sesuai standar.

Baca Juga: 300 Atlet Kota Medan Ikuti Tes Fisik dan Kesehatan Porpov Sumut

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya