Klasemen PON Rabu 6 Oktober 2021, Banten Naik ke Urutan 11

Raihan emas terbaru dari perahu layar dan terbang layang

Serang, IDN Times - Provinsi Banten, masih naik ke posisi ke-11 klasemen sementara perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) per, Rabu (6/10/2021).

Banten sudah meraih 4 medali emas, 9 perak dan 16 perunggu, dengan total keseluruhan 29 medali.

Baca Juga: Kontingen Banten Raih Emas ke-2 dari Cabang Catur

1. Dua medali emas Banten terbaru direbut cabang terbang layang dan perahu layar

Klasemen PON Rabu 6 Oktober 2021, Banten Naik ke Urutan 11Sejumlah atlet perahu layar Papua berlatih di perairan Yos Sudarso, Kota Jayapura, Papua, Selasa (29/6/2021) untuk mengikuti PON XX Papua. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Dari cabang perahu layar, Dexy Priany memastikan torehan medali emas dari nomor RS One putra.
Dexy mendulang medali emas usai menempati posisi teratas lomba pada hari terakhir yang dilangsungkan di Pantai Hamadi, Jayapura.

Dexy unggul tiga poin dari kompetitornya asal DKI Jakarta. Atlet berusia 21 tahun itu mengemas 20.0 poin hasil tujuh kali meraih peringkat pertama, tiga kali juara kedua dan satu kali menempati urutan ketiga dan keempat.

2. Cabang terbang layang juga berikan perolehan emas

Klasemen PON Rabu 6 Oktober 2021, Banten Naik ke Urutan 11Ilustrasi medali PON Papua (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Cabang olahraga terbang layang ikut menyumbang 1 emas dan 1 perak untuk Kontingen Banten di PON XX Papua.

Kepastian itu didapat Rabu (6/10/2021) di hari terakhir lomba sekaligus pengumuman rekap hasil para peserta di Lapangan Udara TNI AU Mimika.

Emas disumbangkan oleh Adam Bilawa di nomor Ketepatan Mendarat Dual Seater Putra dengan total poin 1242.32. Ini adalah kali kedua Adam menyumbang emas untuk Banten setelah di PON 2012 di Riau.

Posisi kedua atau perak nomor ini diraih Kelik dari DI Yogyakarta dengan total poin 1213.32. Sedangkan perunggu jadi milik Dadang dari DKI Jakarta.

Sumbangan medali perak cabor terbang layang datang dari Tri Kahono yang tampil di nomor Duration Flight Dual Seater Putra. Tri harus puas jadi runner-up dengan total poin 1218.83.

Di atas posisi Tri ada atlet Jawa Timur Aviandi yang berhak atas medali emas setelah meraih poin 1250. Sementara perunggu direbut Rido dari Jawa Tengah dengan poin 991.65.

Menurut Agus Susanto, manajer cabor terbang layang Banten di PON XX, hasil 1 emas dan 1 perak sebenarnya masih jauh dari targetnya. Di awal, Agus mematok target 3 emas.

"Sayang, persoalan cuaca jadi kendala buat anak-anak asuh saya, terutama Adam di nomor Duration Flight. Tapi inilah hasil akhir yang harus kita syukuri. Selebihnya akan saya jadi evaluasi ke depannya," papar Agus.

Terbang layang Banten mengikuti 8 nomor yang dipertandingkan dengan mengirimkan 2 atlet putra dan 2 atlet putri.

Baca Juga: PON Papua, 2 Emas Banten dari Cabang Perahu Layar dan Terbang Layang

3. Jawa Barat rebut posisi teratas

Klasemen PON Rabu 6 Oktober 2021, Banten Naik ke Urutan 11Atlet menembak Jawa Barat Fathur Gustafian (kiri) dan Ipung Saeful Tammammie (kanan) meraih emas (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Klasemen teratas, kini ditempati Provinsi Jawa Barat setelah memperoleh 50 medali emas, 46 medali perak, dan 54 medali perunggu, total 150 medali.

Sementara, tuan rumah Papua di urutan kedua dengan perolehan 50 medali emas, 22 perak dan 42 perunggu, total 114 medali.

Sedangkan DKI Jakarta kini turun ke posisi 3 dengan 47 medali emas, 40 medali perak dan 49 medali perunggu, total 136 medali.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya