Comscore Tracker

PON Papua, 2 Emas Banten dari Cabang Perahu Layar dan Terbang Layang

Perahu layar masih miliki kans raihan emas lagi

Serang, IDN Times - Kontingen Provinisi Banten kembali menambah dua emas dalam perhelatan Pekan Olahraha Nasional (PON) XX Papua.

Torehan dua emas itu didapat dari cabang perahu layar dan terbang layang yang diselenggaran pada, Rabu (6/9/2021).

Baca Juga: Klasemen PON Senin 4 Oktober 2021, Banten Masih Urutan ke-15

1. Asep raih emas di nomor RS One putra

PON Papua, 2 Emas Banten dari  Cabang Perahu Layar dan Terbang LayangReplika medali Asian Games (ANTARA FOTO/INASGOC/Widodo S Jusuf)

Dari cabang perahu layar, Dexy Priany memastikan torehan medali emas dari nomor RS One putra. Dexy mendulang medali emas usai menempati posisi teratas lomba pada hari terakhir yang dilangsungkan di Pantai Hamadi, Jayapura.

Dexy unggul tiga poin dari kompetitornya asal DKI Jakarta. Atlet berusia 21 tahun itu mengemas 20.0 poin hasil tujuh kali meraih peringkat pertama, tiga kali juara kedua dan satu kali menempati urutan ketiga dan keempat.

"Saya senang akhirnya bisa meraih kemenangan ini, apalagi di pertandingan tadi saya mendapat perlawanan ketat dari DKI Jakarta. Di dua seri terakhir saya berusaha menjaga jarak 1 poin yang saya miliki, Alhamdulillah bisa menang," kata Dexy dalam keterangan tertulis yang diterima.

2. Asep masih miliki kans tambah medali emas besok

PON Papua, 2 Emas Banten dari  Cabang Perahu Layar dan Terbang LayangIlustrasi medali PON Papua (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (Porlasi) Banten Asep Yusuf Syahril menyatakan Dexy masih memiliki kans meraih emas dalam nomor marathon yang diselenggarakan Kamis (7/10/2021) besok.

"Insya Allah kita punya kans tambah medali emas lagi, selain dari Dexy kita juga punya peluang dari Kirana Wardojo di nomor marathon laser. Karena kalau melihat peringkat selama ini, Rara (sapaan Kirana Wardojo) ada di posisi pertama, kita mohon doanya karena semua atas kehendak Allah SWT," kata Asep.

3. Terbang layang sumbang emas dan perak hari ini

PON Papua, 2 Emas Banten dari  Cabang Perahu Layar dan Terbang LayangCabang terbang layang ( ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Cabang olahraga terbang layang ikut menyumbang 1 emas dan 1 perak untuk Kontingen Banten di PON XX Papua.

Kepastian itu didapat Rabu (6/10/2021) di hari terakhir lomba sekaligus pengumuman rekap hasil para peserta di Lapangan Udara TNI AU Mimika.

Emas disumbangkan oleh Adam Bilawa di nomor Ketepatan Mendarat Dual Seater Putra dengan total poin 1242.32. Ini adalah kali kedua Adam menyumbang emas untuk Banten setelah di PON 2012 di Riau.

Posisi kedua atau perak nomor ini diraih Kelik dari DI Yogyakarta dengan total poin 1213.32. Sedangkan perunggu jadi milik Dadang dari DKI Jakarta.

Sumbangan medali perak cabor terbang layang datang dari Tri Kahono yang tampil di nomor Duration Flight Dual Seater Putra. Tri harus puas jadi runner-up dengan total poin 1218.83.

Di atas posisi Tri ada atlet Jawa Timur Aviandi yang berhak atas medali emas setelah meraih poin 1250. Sementara perunggu direbut Rido dari Jawa Tengah dengan poin 991.65.

Menurut Agus Susanto, manajer cabor terbang layang Banten di PON XX, hasil 1 emas dan 1 perak sebenarnya masih jauh dari targetnya. Di awal, Agus mematok target 3 emas.

"Sayang, persoalan cuaca jadi kendala buat anak-anak asuh saya, terutama Adam di nomor Duration Flight. Tapi inilah hasil akhir yang harus kita syukuri. Selebihnya akan saya jadi evaluasi ke depannya," papar Agus.

Terbang layang Banten mengikuti 8 nomor yang dipertandingkan dengan mengirimkan 2 atlet putra dan 2 atlet putri.

Baca Juga: Gubernur Wahidin Ingin Boyong Cristiano Ronaldo ke Banten

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya