Comscore Tracker

Arief Izinkan Warga Kota Tangerang Nobar Final AFF Suzuki Cup

Final AFF pertemukan Indonesia vs Thailand

Kota Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mengizinkan warganya untuk nonton bareng (nobar) laga final AFF Suzuki Cup antara tim nasional Indonesia melawan tim nasional Thailand di tempat-tempat umum pada Rabu (29/12/2021).

"Dari Polda Banten sudah dibolehkan. Syaratnya mereka harus pakai PeduliLindungi. Sama, kita juga artinya, kita minta masyarakat tetap waspada lah ya, boleh. Soalnya kasusnya di Kota Tangerang terkendali yah. Tapi tetap waspada," kata Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah kepada IDN Times, Selasa (28/12/2021).

Baca Juga: Perjalanan Timnas Indonesia Hingga Final Piala AFF 2020

1. Nobar boleh asal, prokes ya! Download juga aplikasi PeduliLindungi

Arief Izinkan Warga Kota Tangerang Nobar Final AFF Suzuki CupIlustrasi aplikasi PeduliLindungi. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Arief menjelaskan, meski mengizinkan warganya melakukan nobar di tempat umum, pihaknya memastikan bahwa acara tersebut dilakukan dengan protokol kesehatan dan para pesertanya wajib melakukan scan barcode aplikasi PeduliLindungi.

"Kita ikut arahan Polda Metro Jaya selain PeduliLindungi, kapasitasnya juga. Kan kalau ga salah maksimal hanya boleh 50 persen yah," kata Arief.

2. Timnas Indonesia tembus final AFF

Arief Izinkan Warga Kota Tangerang Nobar Final AFF Suzuki CupShin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Timnas Indonesia telah menjejakkan kakinya di final. Mereka akan jumpa Thailand pada Rabu (29/12/2021), di National Stadium, dalam duel final leg 1.

Pencapaian yang sebenarnya tak terduga buat Indonesia. Performa Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan memang begitu mengejutkan di Piala AFF 2020.

Mereka tampil prima sejak penyisihan grup. Hingga akhirnya lolos ke semifinal dan mampu mengalahkan Singapura demi tampil di partai puncak. Mari kita ulas perjalanan Indonesia di Piala AFF 2020.

3. Indonesia tampil meyakinkan

Arief Izinkan Warga Kota Tangerang Nobar Final AFF Suzuki CupEvan Dimas dan Irfan Jaya merayakan gol Indonesia di Piala AFF / PSSI

Start Indonesia di Piala AFF 2020 sebenarnya terbilang mengkhawatirkan. Mereka sempat direpotkan oleh Kamboja.

Unggul tiga gol lebih dulu, Indonesia malah mampu ditekan Kamboja. Beruntung, Indonesia bisa menang dengan skor 4-2.

Indonesia tampil lebih ganas saat jumpa Laos. Mereka mampu menang dengan skor 5-1.

Indonesia mulai mendapat tantangan berat di dua laga pamungkas penyisihan grup. Mereka harus jumpa Vietnam dan Malaysia.

Kala jumpa Vietnam di Bishan Stadium, 15 Desember 2021, Indonesia begitu kesulitan mengembangkan permainan. Pasukan Garuda ditekan sepanjang laga.

Namun, mereka tampil begitu disiplin di lini belakang, membuat gawang Indonesia tetap perawan hingga akhir laga.

Malaysia menjadi lawan selanjutnya Indonesia. Sempat kebobolan lebih dulu lewat tembakan jarak jauh Kogileswaran Raj, para pemain Indonesia tak panik.

Irfan menggandakan keunggulan Indonesia di menit 43. Pada babak kedua, Indonesia menambah dua gol lagi, membuat Malaysia makin terbenam. Pratama Arhan dan Elkan Baggott menambah gol dan memastikan Indonesia menang dengan skor 4-1.

Singapura menjadi lawan Indonesia di semifinal. Duel yang menegangkan dilakoni oleh Indonesia dalam kesempatan ini.

Dalam leg 1, Indonesia ditahan imbang Singapura, 1-1. Padahal, mereka sempat unggul lebih dulu lewat Witan Sulaeman.

Leg 2 berlangsung begitu menegangkan. Drama tersaji di sana. Saat Indonesia sudah unggul jumlah pemain dan cetak gol lebih dulu, Singapura malah membalikkan keadaan.

Dua kartu merah Singapura seakan tak berpengaruh. Mereka sempat memimpin 2-1 sampai menit 86.

Namun, Pratama Arhan menjadi pahlawan Indonesia dengan mencetak gol penyeimbang di menit 87. Laga harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Pada masa perpanjangan waktu, Indonesia berhasil mencetak dua gol tambahan yang memastikan tiket ke final. Ironis buat Singapura, Hassan Sunny di kartu merah di masa perpanjangan waktu. Dengan begitu, Singapura menerima tiga kartu merah dalam duel tersebut.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Final Piala AFF 2020: Indonesia Vs Thailand

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya