Comscore Tracker

PT LIB Pastikan Liga 1 Akan Digelar 20 Agustus Mendatang

Klaster pertama meliputi Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta

Tangerang, IDN Times - Direktur Utama (Dirut) PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita memastikan bahwa Liga 1 musim 2021-2022 akan tetap digelar di Pulau Jawa pada 20 Agustus 2021 mendatang. Nantinya, wilayah yang akan menjadi lokasi pertandingan adalah wilayah yang dianggap zona aman.

"Mungkin lebih tepat 'zona aman'. Jadi sudah ada wilayahnya dari Polri dan BNPB. Seperti saat ini, kasus COVID-19 di beberapa titik tertentu di DKI Jakarta dan Jawa Barat sangat melandai," kata Akhmad, seperti dikutip dari Antaranews, Selasa (3/8/2021).

Baca Juga: Kini Dimiliki Raffi Ahmad, Ini Profil Klub Cilegon United 

1. Tidak ada perubahan dalam sistem penggolongan klaster wilayah

PT LIB Pastikan Liga 1 Akan Digelar 20 Agustus MendatangSejumlah pesepak bola PSM Makassar menjalani latihan di Lapangan Bosowa Sport Centre, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (14/6/2021).Tim PSM Makassar mulai menjalani latihan jelang kompetisi Liga 1 pascakeluarnya izin pelaksaan Liga 1 dan Liga 2 yang akan berlangsung pada Juli 2021. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Akhmad Hadian menegaskan bahwa tidak ada perubahan penggolongan klaster dalam sistem seri yang ditetapkan untuk Liga 1 Indonesia musim 2021.

Klaster pertama meliputi Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta. Klaster kedua, yaitu Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, lalu klaster ketiga Jawa Timur.

Nantinya, seri satu akan berlangsung di klaster pertama, seri dua di klaster kedua, seri tiga di klaster ketiga. Lalu berlanjut ke seri keempat yang tetap di klaster ketiga, lalu seri kelima di klaster kedua dan seri keenam atau terakhir kembali lagi ke klaster pertama.

"Terkait hal tersebut, LIB dan PSSI sudah berkomunikasi dengan BNPB dan Polri. Kondisinya sekarang (di Jawa-red), tingkat kesembuhan dari COVID-19 meninggi, orang yang terpapar menurun," kata Akhmad Hadian.

2. Liga Indonesia akan berlangsung 20 Agustus mendatang merupakan hasil konsultasi dengan Menpora dan Polri

PT LIB Pastikan Liga 1 Akan Digelar 20 Agustus MendatangPemain persita menjalali latihan perdana di Indomilk Arena, Rabu (3/3/2021). (Dok. Persita).

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) sudah menyatakan bahwa Liga 1 Indonesia 2021-2022 akan berlangsung mulai 20 Agustus 2021.

Keputusan tersebut diambil setelah PSSI dan PT LIB berkonsultasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali serta Polri. Penurunan kasus COVID-19 di Jawa dan Bali juga menjadi pertimbangan utama.

3. Jadwal bisa saja berubah

PT LIB Pastikan Liga 1 Akan Digelar 20 Agustus MendatangPesepak bola PSM Makassar Wiljan Pluim (depan) menjalani latihan di Lapangan Bosowa Sport Centre, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (14/6/2021). Tim PSM Makassar mulai menjalani latihan jelang kompetisi Liga 1 pascakeluarnya izin pelaksaan Liga 1 dan Liga 2 yang akan berlangsung pada Juli 2021. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Meski demikian, jadwal itu bisa saja berubah, bergantung pada kesepakatan LIB, PSSI dan klub. Sebelumnya, Liga 1 2021-2022 direncanakan bergulir mulai 9 Juli 2021 tetapi ditunda lantaran meningginya kasus COVID-19 di Jawa dan Bali.

Baca Juga: Aktor Gading Marten Bergabung ke Manajemen Persikota Tangerang 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya