Comscore Tracker

Harga Daging Tak Stabil, Wamentan: Pemerintah Akan Kurangi Impor

Tapi engga tahu, kapan waktunya kebijakan itu dilakukan

Tangerang Selatan, IDN Times - Wakil Menteri Pertanian (Wementan) Harvick Hasnul Qolbi menyebut, salah satu upaya pemerintah dalam menangani kenaikan harga komoditas daging adalah dengan mengurangi volume impor.

"(Jadi) memang lagi berupaya agar kalau bisa keran impor diperkecil dan terus (meningkatkan) produksi dalam negeri nasional kita tingkatkan dan ini bukan cuma (kata) saya, jadi ini memang pesan Presiden (Joko Widodo)," kata Harvick di Serpong, Tangsel, Rabu (2/3/2022).

Baca Juga: Harga Daging Melambung, Wamentan Sidak Pasar Serpong

1. Ditanya kapan impor dikurangi, ini jawaban Wamentan

Harga Daging Tak Stabil, Wamentan: Pemerintah Akan Kurangi ImporWamentan Harvick Hasnul Qolbi (Youtube.com/NU TV)

Harvick sendiri tak merinci kapan langkah mengurangi keran impor daging dilakukan. "Jadi gini kalau soal memutus rantai impor ini kan juga sebenarnya saya sendiri mungkin kalau dicek di medsos atau di media massa yang pertama kali menolak impor beras pada tahun 2002 itu saya," katanya.

2. Rakyat diminta gak alergi dengan kebijakan pemda maupun pusat

Harga Daging Tak Stabil, Wamentan: Pemerintah Akan Kurangi ImporJokowi tinjau food estate di Kalimantan Tengah (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Kata Harvick masyarakat harus berbaik sangka terhadap segala kebijakan yang dikeluarkan pemerintah.

"kita harus bersabar saya sampaikan kita berhusnudzon jadi masyarakat juga jangan alergi dengan regulasi yang diterapkan oleh pemerintah pemda maupun pusat," kata Harvick.

3. Wamentan sidak ke Pasar Serpong kala harga daging melambung

Harga Daging Tak Stabil, Wamentan: Pemerintah Akan Kurangi ImporIDN Times/Muhamad Iqbal

Sebelumnya, Harvick Hasnul Qolbi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (2/3/2022). Dalam kunjungannya, Harvick meninjau kenaikan harga pangan, terutama komoditas daging.

"Saya memantau (stok dan harga) jelang hari-hari besar, seperti bulan Ramadhan dan Lebaran," kata Harvick di Pasar Serpong.

Baca Juga: Harga Daging Melambung Tinggi, Pedagang di Tangsel Mogok Jualan

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya