Comscore Tracker

Lulus SMA Bingung? Nih 5 Kegiatan Bermanfaat yang Bisa Kamu Ikuti

Siapa yang masih bingung, setelah lulus SMA mau ngapain?

Galau setelah ulus SMA atau SMK menjadi perasaan yang umum dilalui para siswa yang baru saja menamatkan sekolahnya. Perasaan bingung mau ngapain? Kuliah ataukah kerja? Tenang, kamu gak sendirian kok. 

Bahkan ada loh lulusan SMA yang yang sampai memikirkan untuk membangun rumah tangga dengan pasangannya. Ingat, membina rumah tangga itu tidak semudah itu. 

Sebetulnya banyak banget hal yang bisa kamu lakukan kok seusai menamatkan sekolahmu. 10 tahun belajar dari sejak SD mungkin membuatmu bosan jika harus langsung meneruskan sekolah ke pendidikan tinggi, atau berkuliah. Tapi ternyata pilihannnya tidak terbatas pada lulus sekolah lanjut kuliah atau lanjut kerja loh.

Berikut ada 5 rekomendasi kegiatan penting untuk mengeksplorasi minat dan bakat yang bisa kamu lakukan setelah lulus dari SMA atau SMK: 

1. Restart

Lulus SMA Bingung? Nih 5 Kegiatan Bermanfaat yang Bisa Kamu Ikutipixabay.com/gerdaltmann

Kamu gak perlu terburu-buru untuk mempercepat langkah agar dapat segera kembali beraktivitas pasca lulus sekolah. Manfaatkan momen yang ada sejenak untuk merenungi pikiran dan rencana yang akan kamu lakukan. 

Jadikan momen jeda yang ada sebagai rehat sejenak, untuk melepas penat yang ada seusai ujian-ujian sekolah yang harus kamu lalui. Restart dirimu untuk menjadi seseorang yang lebih berenergi dengan semangat terbaru. 

Jika kamu belum punya rencana, jangan paksakan diri. Kamu bisa terus simak artikel berikut buat temui hal-hal yang bisa kamu lakukan, untuk menunjang kebutuhan restart, memulai kembali menjadi pribadi yang lebih percaya diri.

Baca Juga: Daftar Universitas dan Perguruan Tinggi Swasta di Banten

2. Gabung jadi volunteer

Lulus SMA Bingung? Nih 5 Kegiatan Bermanfaat yang Bisa Kamu Ikutipexel.com/mikhailnilov

Buat kamu yang lagi manfaatin momen liburan usai tamat sekolah, kamu bisa memulai untuk menjadi volunteer  atau sukarelawan yang sesuai dengan bidang yang kamu minati. Contoh lembaga yang sering membuka peluang untuk volunteer adalah sebagai berikut:

  • Word Wide Fund for Nature (WWF) buat kamu yang suka dengan gerakan demi menjaga kebaikan alam
  • WikiDPR lembaga yang dapat membuat kita melihat langsung rapat-rapat DPR di Senayan.
  • GreenPeace buat kamu yang suka kegiatan gerakan menjaga perubahan iklim.
  • United Nations High Commisioner fo Refugess (UNHCR) lembaga kemanusiaan dunia Internasional yang bergerak melindungi hak-hak sipil pengungsi.

Di atas adalah beberapa contoh lembaga sukarelawan yang dapat diikuti. Coba cek cara gabung di lembaga-lembaga tersebut via internet ya. Jika kamu tertarik buat ikut volunteer sesuai minat kamu, coba cek-cek informasinya di internet deh.

3. Ikut wisata kampus secara virtual

Lulus SMA Bingung? Nih 5 Kegiatan Bermanfaat yang Bisa Kamu Ikutipixabay.com/mohammedhassan

Nah kegiatan yang satu ini cocok buat kamu yang sempat kepikiran untuk lanjut sekolah ke pendidikan tinggi atau berkuliah. Sebelum mendaftar ke kampus idaman, kamu bisa banget loh cek informasi tentang virtual campus tour di website resmi kampus-kampus tujuan kamu.

Jika kampus idaman kamu belum menyediakan layanan tersebut, coba cek virtual campus tour  di website resmi kampus lainnya. Hal ini bakal bermanfaat buat menambah refrensi kamu seputar kehidupan perkuliahan.

4. Ikut Mini Course

Lulus SMA Bingung? Nih 5 Kegiatan Bermanfaat yang Bisa Kamu Ikutipexels.com/kampusproduction

Tips paling recommended lainnya adalah gabung ikut Mini Course  atau kursus singkat. Saat ini banyak loh lembaga-lembaga yang menyediakan mini course secara gratis. Program kursus yang ditawarkan juga sudah beraneka ragam jenisnya. Mulai dari kursus digital marketing, data science bahkan juga kursus bahasa asing. Berikut rekomendasi buat kamu yang mau ikutan mini course:

  • Free mini course digital marketing, product management dan data science dari RevoU
  • Free mini course digital marketing dan data science dari Rakamin Academy
  • Kelas pertama kursus bahasa inggris gratis dari English First 

5. Magang

Lulus SMA Bingung? Nih 5 Kegiatan Bermanfaat yang Bisa Kamu Ikutipixabay.com,/stocksnap

Bagi yang kepikiran lulus sekolah mau mencari pekerjaan, kegiatan magang bisa menjadi batu loncatan untuk kamu menapaki awal karier. Tentunya kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan magang memang tak semudah itu. Namun begitu, kamu bisa mulai dari mempersiapkan diri dengan mengikuti mini course terlebih dahulu, seperti halnya pada tips di atas. 

Mengikuti mini course dapat bermanfaat untuk menambah pengalaman keterampilan, yang bisa kamu cantumkan di Curiculum Vitae atau CV-mu pada saat melamar magang. 

 

Baca Juga: Ranking 7 Universitas Swasta di Banten Versi Webometrics 2022

Nah itu dia kegiatan bermanfaat dan penting yang bisa kamu lakukan setelah lulus dari SMA atau SMK. Tetap semangat dan jangan bingung lagi ya!

Anggun Tifani Photo Community Writer Anggun Tifani

Seorang Ibu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya