Comscore Tracker

Amalan Doa Berharap Usaha yang Dilakukan Bisa Berhasil

Ada doa agar dapat pekerjaan, hajat terkabul dan sebagainya

Doa adalah kegiatan dimana manusia berharap agar hal-hal yang diinginkan dapat terwujud. Umat Muslim biasanya akan mengamalkan doa-doa khusus agar mencapai keutamaan dan keridhoan dari Allah SWT. Buat kamu yang berharap usahanya dapat dilancarkan, dapat lolos ujian tes masuk kerja, berharap dagangannya laris, simaklah ulasan amalan doa yang dapat dibahas dalam artikel berikut!

Dikutip dari buku Kecerdasan Ruhaniah karya Toto Asmoro (88:2001), doa adalah jiwa, amal adalah raganya, sehingga antara doa dan amal ikhtiar merupakan satu paket, satu tarikan ... Pepatah mengatakan: Ad - du'a bilaa ' amal ka rami bi laa wathar ' doa tanpa ikhtiar seperti busur tanpa panah.

Jadi buat kamu yang sudah ikhtiar dan masih menyimpan pengharapan agar doanya dapat terkabul, jangan patah semangat ya! Kamu harus tetap berikhtiar agar Allah senantiasa memberkahi ikhtiar yang sedang kamu upayakan.

Yuk, simak amalan doa agar usaha yang dapat berhasil dalam ulasan berikut!

Baca Juga: Doa-Doa Penenang Hati agar Kamu Selalu Dilindungi Allah SWT

1. Keutamaan Berdoa 

Amalan Doa Berharap Usaha yang Dilakukan Bisa BerhasilAmalan doa agar usaha lancar (unsplash.com/masjid-pogung)

Dalam Al-Qur'an Allah menyebutkan bahwa manusia yang senantiasa berdoa akan mendapat keutamaan di sisi-Nya:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادۡعُوۡنِىۡۤ اَسۡتَجِبۡ لَـكُمۡؕ اِنَّ الَّذِيۡنَ يَسۡتَكۡبِرُوۡنَ عَنۡ عِبَادَتِىۡ سَيَدۡخُلُوۡنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيۡنَ

Artinya : Dan Tuhanmu berfirman, 'Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina." (QS Ghafir: 60)

Perintah berdoa juga tertuang pada ayat berikut:

وَاِذَا سَاَلَـكَ عِبَادِىۡ عَنِّىۡ فَاِنِّىۡ قَرِيۡبٌؕ اُجِيۡبُ دَعۡوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِ…

"Dan apabila hamba-Ku bertanya kepadamu (Hai Muhammad) tentang Aku, maka katakanlah kepada mereka bahwa Aku adalah dekat kepadanya dan Aku memperkenankan doa orang yang berdoa kepada-Ku." (QS Al-Baqarah: 186)

Pada kedua ayat tersebut, Allah mengajak manusia untuk berdoa agar senantiasa tetap rendah hati dan jauh dari sifat sombong. Selain itu, Allah akan memperkenankan doa yang dilafalkan hamba-Nya.

2. Doa agar lekas dapat pekerjaan

Amalan Doa Berharap Usaha yang Dilakukan Bisa BerhasilAmalan doa agar usaha lancar (pexels.com/ali-arapoğlu)

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذَنْبِي ، وَوَسِّعْ لِي فِي خُلُقِي ، وَطَيِّبْ لِي كَسْبِي ، وَقَنِّعْنِي بِمَا قَسَمْتَ لِي ، وَلا تَذْهَبْ بِنَفْسِي إِلَى شَيْءٍ قَدْ صَرَفْتَهُ عَنَى.

Artinya: “Ya Allah, ampunillah dosaku, muliakanlah akhlakku, berikanlah untukku pekerjaan yang baik, jadikanlah aku bersyukur saat menerima apa pun yang Engkau anugerahkan kepadaku, dan janganlah Engkau buatku mengingat sesuatu yang telah Engkau palingkan dariku." (HR. Ibnu An-Najjar).

3. Doa agar usaha atau perdagangan yang dilakukan dilancarkan  

Amalan Doa Berharap Usaha yang Dilakukan Bisa BerhasilAmalan doa agar usaha lancar (pixabay.com/ratna-fitry)


اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِى رَزَقَنِى هَذَا مِنْ خَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلَا قُوَةٍ، اَللَّهُمَّ بَارِكْ فِيْهِ

Alhamdulillaahilladzi rozaqonii haadza min khoiri khaulin minnii wa laa quwwatin, alloohumma baarik fihi.

Artinya: “Segala Puji Bagi Allah SWT yang telah memberi rezeki kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku. Ya Allah, semoga Engkau senantiasa memberi berkah pada rezeki ku,".

4. Doa agar lancar dalam ujian sekolah atau agar lolos tes masuk kerja  

Amalan Doa Berharap Usaha yang Dilakukan Bisa BerhasilAmalan doa agar usaha lancar (pixabay.com/adrian)


اللّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَ رِزْقًا طَيِّبًا وَ عَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma inni as’aluka, ‘ilman nafi’an, wa rizqon thoyyiban, wa a’malan mutaqobalan.

Artinya: "Ya Allah aku mohon kepadamu, berikanlah kepadaku ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik, dan amalan yang diterima disisimu,".

Baca Juga: 9 Inspirasi OOTD Hijab dari Erlinda Yuliana, Cocok Buat Hang Out  

5. Doa agar hajat atau keinginan yang diharapkan lekas terkabul 

Amalan Doa Berharap Usaha yang Dilakukan Bisa BerhasilAmalan doa agar usaha lancar (pexels.com/monstera)

Adapun doa tersebut ada di surat Ali Imran Ayat 26-27. Berikut adalah bacaan doanya:

اللّٰهُمَّ مٰلِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِى الْمُلْكَ مَنْ تَشَاۤءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاۤءُۖ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاۤءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاۤءُۗ بِيَدِكَ الْخَيْرُۗ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. تُوْلِجُ الَّيْلَ فِى النَّهَارِ وَتُوْلِجُ النَّهَارَ فِى الَّيْلِ وَتُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَتُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ وَتَرْزُقُ مَنْ تَشَاۤءُ بِغَيْرِ حِسَاب

Allaahumma Maalikal Mulki tu'til mulka man tasyaaa'u wa tanzi'ulmulka mimman tasyaaa'u wa tu'izzu man tasyaaa'u wa tuzillu man tasyaaa'u biyadikal khairu, innaka 'alaa kulli syai'in Qadiir. Tuulijul laila fin nahaari wa tuulijun nahaara fil laili wa tukhrijul hayya minalmayyiti wa tukhrijul mayyita minal hayyi wa tarzuqu man tasyaaa u bighari hisaab.

Artinya: "Wahai Allah, Pemilik kekuasaan, Engkau berikan kekuasaan kepada siapa pun yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kekuasaan dari siapa yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan siapa yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan siapa yang Engkau kehendaki. Di tangan-Mulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu. Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Engkau berikan rezeki kepada siapa yang Engkau kehendaki tanpa perhitungan." (QS Ali Imran : Ayat 27)

Demikian ulasan tentang amalan doa agar usaha yang diharapkan dapat berhasil dan terwujud. Semoga senantiasa bermanfaat dalam membantu kamu untuk tetap semangat berikhtiar. Wallahualam. 

Anggun Tifani Photo Community Writer Anggun Tifani

Seorang Ibu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya