TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Erick Thohir Dapat Gelar Dulur Baduy dari Masyarakat Adat

Erick menjadi orang luar yang pertama mendapat Dulur Baduy

Dok. Istimewa/Edo

Lebak, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendapatkan gelar adat 'Dulur Baduy' dari masyarakat adat Suku Baduy. Penyematan penyematan gelar adat dilakukan di Saung Adat Baduy di Kampung Cepak Huni, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak.

Prosesi penyematan didampingi oleh tiga tetua adat dari Baduy Dalam yang secara khusus hadir menyaksikan penganugerahan tersebut. Upacara adat itu juga disaksikan secara langsung oleh ratusan warga Baduy Luar dan Dalam.

Baca Juga: Ratusan Warga Suku Baduy Ikuti Vaksinasi 

Baca Juga: 8 Potret Warga Baduy Setelah Kebakaran Melanda

1. Ungkapan apresiasi tertinggi dari masyarakat adat

IDN Times/Muhamad Iqbal

Tetua Adat Baduy Jaro Saija mengatakan, gelar 'Dulur Baduy' itu berangkat dari ungkapan terima kasih tertinggi karena Erick Thohir yang menyempatkan waktunya langsung menemui korban kebakaran di Kampung Baduy.

Saat menerima gelar, Erick disematkan baju adat Baduy yang didominasi warna hitam serta lomar atau ikat kepala khas Baduy yang didominasi warna biru.

"Penyematan ini dilakukan sebagai bentuk rasa terima kasih kepada Pak Menteri karena telah mengujungi titik paling selatan di Baduy," kata Saija kepada wartawan, Rabu (20/10/2021).

Baca Juga: Mengenal Suku Baduy dan Baju Adatnya yang Sederhana

2. Orang pertama yang dapat gelar Dulur Baduy

Menteri BUMN Erick Thohir (IDN Times/Teatrika Handiko

Salah satu tokoh suku Baduy Dalam, Ayah Mursyid menjelaskan prosesi gelar adat Dulur Baduy kepada Erick Thohir merupakan peristiwa kali pertama  terjadi yang dianugerahkan kepada orang luar Suku Baduy.

Ayah Mursyid mengatakan proses disematkannya Dulur Baduy kepada Erick Thohir tidak sekonyong-konyong terjadi, melainkan melalui proses yang panjang.

"Gelar Dulur Baduy ke Pak Erick Thohir itu berawal dari firasat yang datang melalui tokoh-tokoh adat Baduy. Firasat yang datang itu dibawa ke dalam musyawarah di antara tokoh dan Jaro Adat Baduy yang akhirnya menyepakati agar diberikan gelar Dulur Baduy pada Pak Erick," katanya.

Berita Terkini Lainnya