TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PPKM Dicabut, Pj Gubernur Banten Minta Masyarakat Tetap Prokes

Pandemik COVID-19 belum berakhir lhoo

IDN Times/Khaerul Anwar

Serang, IDN Times - Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar meminta kepada masyarakat agar tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi COVID-19. Hal itu menanggapi keputusan pemerintah pusat yang sudah menghentikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Meski sudah dicabut bukan berarti penghentian dari pandemik ke endemik. Ini masih dalam status pandemik karena pandemik itu kebijakan WHO. Kita menunggu itu," kata Al Muktabar, Selasa (3/12/2023).

Baca Juga: Pj Gubernur Banten Tetapkan UMP Banten Naik 6,4 Persen 

Baca Juga: Presiden Cabut PPKM, Ridwan Kamil Minta Masyarakat Tetap Pakai Masker

1. PPKM dihentikan agar ekonomi masyarakat kembali menggeliat

Ilustrasi mal tutup saat PPKM Level 4. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Menurut Al penghentian pembatasan aktivitas itu bertujuan agar aktivitas ekonomi masyarakat kembali menggeliat. Pemerintah daerah dan masyarakat sudah tidak lagi terbelenggu oleh kebijakan larangan kerumunan dan pemanfaatan ruang publik.

"Agar perekonomian terus bergulir maka pembatasam dicabut sehingga kita sudah bisa mengakses lebih luas geliat ekonomi," katanya.

2. Masyarakat diminta tetap terapkan prokes

Presiden Joko Widodo memutuskan untuk memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah wilayah Pulau Jawa dan Bali hingga 2 Agustus mendatang (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Namun, untuk sektor kesehatan masyarakat tetap diwajibkan mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan melakukan vaksinasi untuk kekebalan tubuh. Mengingat, pandemik COVID-19 belum berakhir.

"Ini lebih ke akses strategi menuju ke endemik bagi individu tetap gunakan prokes tetap kita diminta vaksinasi tahap 3, utamanya," katanya.

Baca Juga: Jokowi Minta Warga Tetap Pakai Masker meski PPKM Dicabut

Berita Terkini Lainnya