10.995 Siswa Lolos PPDB SMP Negeri di Kota Tangerang

Mereka terseleksi dari 20 ribu lebih siswa

Kota Tangerang, IDN Times - Rangkaian proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun ajaran 2023/2024 di Kota Tangerang yang telah berlangsung sejak 26 Juni-14 Juli 2023 telah selesai dilaksanakan. Tercatat, sebanyak 10.995 siswa diterima di SMP Negeri.

Pelaksanaan PPDB tersebut terbagi ke dalam lima jalur penerimaan, mulai dari Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), afirmasi, zonasi, perpindahan tugas orangtua, dan prestasi.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, menuturkan segala proses seleksi hingga pendaftaran siswa dalam PPDB SMP tahun ajaran 2023/2024 telah berjalan sesuai dengan petunjuk teknis PPDB.

"Alhamdulillah, prosesnya sudah berjalan dan tanpa ada masalah yang berarti secara sistem," kata Arief, Minggu (14/7/2023).

1. Ada 26.047 calon siswa yang mendaftar

10.995 Siswa Lolos PPDB SMP Negeri di Kota Tangerang(Ilustrasi). Siswa dan wali murid berkonsultasi. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Arief mengatakan, proses PPDB tingkat SMP diikuti  26.047 siswa untuk lima jalur pendaftaran di 34 SMP yang tersebar di 13 kecamatan se-Kota Tangerang, dengan total daya tampung secara keseluruhan sebanyak 10.995 siswa.

"Bagi yang tidak diterima di SMP Negeri, masih bisa bersekolah gratis di 73 SMP swasta yang ada di Kota Tangerang," kata dia.

2. Informasi lengkap bisa cek ppdb.tangerangkota.go.id

10.995 Siswa Lolos PPDB SMP Negeri di Kota TangerangWali kota Tangerang, Arief Wismansyah melakukan pemantauan terhadap protokol kesehatan di fasilitas publik (Instagram.com/@ariefwismansyah)

Arief menyebut, pihaknya memiliki tanggung jawab sebagai penyelenggara PPDB, mulai dari tingkat Sekolah Dasar Negeri hingga Sekolah Menengah Pertama Negeri di wilayah Kota Tangerang.

"Informasi hasil penerimaan dapat diakses di laman ppdb.tangerangkota.go.id, di menu hasil seleksi," kata Arief.

3. Dindik akui kapasitas PPDB SMPN di Kota Tangerang cuma 11 ribu kursi

10.995 Siswa Lolos PPDB SMP Negeri di Kota TangerangIlustrasi PPDB di Lebak di tengah pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Sebelumnya diberitakan, Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang mengungkapkan, daya tampung SMP negeri tahun ajaran 2023/2024 sekitar 11 ribu kursi. Kuota ini tersebar di 34 sekolah.

Sementara itu kata Kepala Dindik Kota Tangerang, Jamaluddin, lulusan SD diperkirakan mencapai 31.037 siswa. Maka dipastikan, seperti tahun-tahun sebelumnya, akan ada barisan siswa yang tidak masuk ke SMP negeri.

Meski demikian, dia meminta orangtua dan wali murid tidak risau karena Pemkot Tangerang telah menghadirkan program biaya pendidikan swasta gratis di 73 SMP/Mi swasta. Kota Tangerang.

"Jadi swasta bisa menjadi pilihan utama yang tak perlu dirisaukan lagi, negeri atau swasta itu sama saja,” kata Jamal, dikutip dari Kantor Berita Antara, Senin (26/6/2023).

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya