TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cegah Monkeypox, KKP Bandara Soetta Perketat Kedatangan Internasional

Pemeriksaan berbeda dengan COVID-19

Ilustrasi Monkeypox (Pixabay.com/TheDigitalArtist)

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta memperketat pengawasan di pintu masuk kedatangan internasional. Hal tersebut dilakukan setelah adanya temuan satu pasien cacat monyet yang memiliki riwayat bepergian ke luar negeri, beberapa waktu lalu.

"Pengawasan ditingkatkan serta sosialisasi kepada komunitas bandara tentang gejala dan tanda," ungkap Kepala KKP Bandara Soetta Darmawali Handoko  pada Rabu (24/8/2022).

Baca Juga: Waspada Cacar Monyet, Pemkab Tangerang Siapkan Tempat Karantina

1. Pemeriksaan tak seperti kasus COVID-19 

IDN Times/Dok. Maya Aulia Aprilianti

Darmawali mengatakan, tak seperti pengawasan saat COVID-19, pihaknya lebih menekankan pada adanya tanda fisik, seperti bintik atau ruam merah yang disertai dengan demam.

"Maka, kami menyosialisasikan kepada petugas stakeholder di Bandara Soekarno Hatta dengan pengawasan penumpang dengan tanda seperti itu," kata Darmawali.

2. Penumpang yang datang, wajib membuka masker saat pemeriksaan

IDN Times/Dok. Maya Aulia Aprilianti

Darmawali menuturkan, salah satu yang dilakukan adalah petugas yang berada di Security Check Point (SCP) 2 bakal mengharuskan penumpang membuka masker untuk pengenalan wajah.

Saat itu, petugas akan sekalian melakukan screening terhadap cacar monyet, dengan melihat tanda-tanda seperti melihat adakah bintik merah di area wajah, tangan, dan leher penumpang tersebut. 

"Begitu juga dengan petugas maskapai, yang diimbau melakukan screening serupa," jelasnya.

Baca Juga: Calon Penumpang Bandara Soetta Belum Vaksin Booster? Wajib PCR!

Verified Writer

Maya Aulia Aprilianti

Trying to Love My Life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya