Gerakan Vaksinasi COVID-19 Serentak, Banten Target 200 Ribu Peserta

Gerakan ini akan dicanangkan pada 29 Juni mendatang

Serang, IDN Times - Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menargetkan, 200 ribu peserta Gerakan Vaksinasi COVID-19 serentak. Vaksinasi serentak ini akan dicanangkan pada 29 Juni mendatang. 

"Kita canangkan vaksinasi serentak di kampus baru Untirta," kata Andika, seperti dikutip dari Antaranews, Kamis (17/6/2021).

1. Gerakan vaksinasi serentak dilaksanakan di semua kabupaten dan kota di Banten

Gerakan Vaksinasi COVID-19 Serentak, Banten Target 200 Ribu PesertaANTARA FOTO/Fauzan

Dinas Kesehatan Provinsi Banten menjabarkan, gerakan vaksinasi serentak ini juga akan dilakukan oleh pemkab/pemkot se-Provinsi Banten. Selain itu disebutkan juga akan dilakukan oleh seluruh Polres dan Korem serta KKP yang ada di Provinsi Banten.

Adapun sasaran vaksinasi adalah anggota masyarakat dengan usia 50 tahun ke atas, pelayan publik pemerintah dan swasta serta perorangan berusia lebih dari 18 tahun. Berikutnya pelaku ekonomi dan usaha, penyandang disabilitas, termasuk orang dengan gangguan jiwa serta orang dengan masalah kejiwaan.

2. Kasus COVID-19 di Banten meningkat signifikan dalam sebulan terakhir

Gerakan Vaksinasi COVID-19 Serentak, Banten Target 200 Ribu PesertaANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Banten, kata Andika, kasus COVID-19 di Tanah Jawa meningkat signifikan dalam sebulan terakhir. Seluruh wilayah kabupaten/ kota kembali masuk zona oranye COVID-19.

Pemerintah daerah, kata Andika, memiliki tugas untuk melindungi masyarakat dari bahaya COVID-19. Untuk itu, dia meminta seluruh pemangku kepentingan untuk bersinergi untuk melakukan pencegahan penyebaran COVID-19 di Provinsi Banten.

"Diperlukan pencegahan yang terintegrasi dan bersinergi dengan TNI, Polri, Perguruan Tinggi, Industri dan unsur masyarakat dalam pencegahan COVID-19 di Provinsi Banten khususnya dalam penerapan PPKM Mikro dan disiplin protokol kesehatan," katanya.

Baca Juga: Banten Zona Oranye, Kasus Baru Didominasi Klaster Keluarga

3. Pencegahan COVID-19 menjadi faktor utama dan penting

Gerakan Vaksinasi COVID-19 Serentak, Banten Target 200 Ribu PesertaIlustrasi swab test (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Andika  juga meminta pemerintah kabupaten/ kota agar menyelaraskan kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Banten dalam penanganan COVID-19.

Di sisi lain, masing-masing OPD diminta agar optimal melaksanakan
upaya pencegahan/penanggulangan sesuai dengan tugas pokok masing-masing.

Dinkes fokus pada penanganan pasien COVID-19, BPBD fokus pada pencegahan, dan Satpol PP fokus pada penegakan disiplin protokol kesehatan. Berikutnya, Dinas Perindustrian dan Disnaker fokus pada penerapan protokol kesehatan di sektor industri, dan Biro Hukum fokus pada sosialisasi Perda Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penanggulangan COVID-19 di Provinsi Banten.

Baca Juga: Resep Pecak Bandeng Khas Banten, Pedasnya Mantap

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya