KNKT Usut Penyebab Kebakaran KMP Mutiara Berkah I

Tak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran kapal

Cilegon, IDN Times - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menginvestigasi kasus kebakaran Kapal Motor Penumpang (KMP) Mutiara Berkah I di Pelabuhan Indah Kiat, Merak, Cilegon, Banten. KNKT mengumpulkan data awal penyebab terbakarnya kapal tersebut.

Sejauh ini, tidak ada laporan korban jiwa dalam insiden kebakaran yang terjadi pada Rabu, 6 September lalu. Investigator Pelayaran KNKT Bambang Safari Alwi mengatakan, pihaknya mewawancarai sejumlah awak kapal maupun penumpang yang menjadi korban kebakaran tersebut, di hari pertama investigasi. 

Baca Juga: Kepulan Asap Hitam Masih Membumbung dari KMP Mutiara Berkah I

1. KNKT mengagendakan pemanggilan untuk manajemen pelabuhan

KNKT Usut Penyebab Kebakaran KMP Mutiara Berkah IPenumpang KMP Mutiara Berkah Imengadu kepada perwakilan PT ALP (Atosin Lampung Pelayaran) selaku operator kapal (kelima kanan) di Pelabuhan Indah Kiat, Merak, Banten, Rabu (6/9/2023). ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Selanjutnya, kata dia, KNKT juga mengagendakan pemanggilan sejumlah pihak, termasuk manajemen pelabuhan dan perusahaan pelayaran. Saat ini, KNKT masih fokus mewawancarai berbagai pihak yang terkait dengan kebakaran kapal tersebut.

"Jadi KNKT pure mencari tahu akan permasalahan yang menyebabkan kapal sampai terbakar. Kita tahu kapal juga belum berlayar," kata Bambang, seperti dikutip dari ANTARA, Kamis (8/9/2023). 

2. Kapal masih proses pendinginan

KNKT Usut Penyebab Kebakaran KMP Mutiara Berkah IKMP Mutiara Berkah I terbakar saat akan sandar di Pelabuhan Indah Kiat, Merak, Banten, Rabu (6/9/2023). ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Menurut dia, untuk memastikan penyebab kebakaran pihaknya juga akan memeriksa kapal. Hanya saja untuk saat ini belum bisa dilakukan karena masih dalam penanganan.

"Saat ini masih proses pendinginan, jadi kita belum bisa masuk," kata dia. 

Baca Juga: 5 Penumpang Kebakaran KMP Mutiara Berkah Dilarikan ke RS

3. Pengusutan kasus terbakarnya KMP Mutiara Berkah I memakan waktu paling sedikit 3 bulan

KNKT Usut Penyebab Kebakaran KMP Mutiara Berkah IKMP Mutiara Berkah I terbakar saat akan sandar di Pelabuhan Indah Kiat, Merak, Banten, Rabu (6/9/2023). ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Bambang juga mengungkap, KNKT membutuhkan waktu yang lama untuk mengusut penyebab kebakaran KMP Mutiara Berkah I. Untuk hasil tercepat sekitar tiga bulan ke depan dan paling lama satu tahun.

Kebakaran KMP Mutiara Berkah 1 saat terbakar mengangkut 135 truk dengan 159 penumpang dan awal kapal. Bahkan lima orang diantaranya sempat dilarikan ke rumah sakit karena mengalami gangguan pernapasan.

Penyelamatan korban juga cukup heroik karena menggunakan crane. Para penumpang harus bergantian untuk bisa turun ke dermaga Pelabuhan Indah Kiat tersebut.

Baca Juga: Kapal Penumpang Terbakar di Pelabuhan Indah Kiat Merak  

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya