Comscore Tracker

Total, Ada 100 SMP yang Sudah Uji Coba PTM di Kota Tangerang

Sekolah yang belum PTM diminta menyiapkan sejumlah hal

Tangerang, IDN Times - Pekan ini, ada 60 SMP di Kota Tangerang yang sudah melaksanakan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM). Sementara pekan lalu, sudah ada 40 SMP.

"Totalnya ada 100 SMP di Kota Tangerang yang sudah belajar tatap muka," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin di Tangerang, seperti dikutip dari Antara pada Senin (20/9/2021).  

Meski sudah melaksanakan PTM, kata dia, pengawasan tetap dilakukan dalam memastikan penerapan protokol kesehatan selama kegiatan belajar-mengajar berlangsung.

Baca Juga: 126 SMP Sederajat di Kota Tangerang Lakukan PTM Pekan Depan

1. Sekolah yang belum PTM, diminta menyiapkan sejumlah hal, termasuk infrastruktur

Total, Ada 100 SMP yang Sudah Uji Coba PTM di Kota TangerangANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Sementara bagi sekolah yang belum melaksanakan PTM, Jamaluddin meminta agar pengelola menyiapkan segala keperluan, termasuk infrastruktur, SDM yang sudah divaksinasi, dan pembekalan materi yang harus disampaikan.

Infrastruktur yang perlu disiapkan, kata dia, termasuk wastafel bagi siswa dan petugas sekolah untuk mencuci tangan. “Perlu diketahui, PTM ini kita tidak harus mencapai target kurikulum, tetapi bagaimana anak untuk beradaptasi dan belajar dengan menyenangkan,” ujarnya.

2. Sekolah harus mendapat asesmen dari camat untuk bisa PTM

Total, Ada 100 SMP yang Sudah Uji Coba PTM di Kota TangerangIlustrasi siswa (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Setiap sekolah yang akan melaksanakan PTM harus mendapatkan asesmen dari camat dengan memenuhi 24 penilaian yang ditetapkan.

"Prosesnya dilaksanakan bertahap sebab harus ada perangkat yang disiapkan sebelum dilaksanakan PTM ini sehingga setiap pekan dilakukan bertahap dan adanya pengawasan," ujarnya.

Baca Juga: Lurah Pungli di Ciledug Tangerang Terancam Copot Jabatan 

3. Siswa dan guru diharapkan semangat melaksanakan PTM

Total, Ada 100 SMP yang Sudah Uji Coba PTM di Kota TangerangWali Kota Tangerang Arief R Wismansyah memantau pelaksanaan PTM tingkat SMP (Antara)

Sementara itu, Kepala SMPN 20 Kota Tangerang Abdul Karim berharap, baik siswa maupun guru kembali semangat melaksanakan pembelajaran tatap muka.

“Saya harap, target pendidikan, target capaian pembelajaran, semuanya bisa kembali normal seperti harapan kita semua,” ujarnya.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya