Comscore Tracker

32 Rumah Warga di Lebak Rusak Akibat Gempa Bumi 

Sebanyak 3 sekolah terdampak dan 2 orang luka ringan

Lebak, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak mencatat sebanyak 10 kecamatan di wilayahnya terdampak guncangan gempa Magnitudo (M) 6,7 yang terjadi pada Jumat (14/1/2022) pukul 16.05 WIB. Usai gempa ini, 32 rumah warga rusak.

Gempa bumi yang berpusat di wilayah Sumur, Kabupaten Pandeglang itu juga mengakibatkan kerusakan sejumlah bangunan di wilayah Kabupaten Lebak.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa M 6,7 Guncang Banten dan Sekitarnya 

1. Daftar rumah rusak dan korban luka di Lebak

32 Rumah Warga di Lebak Rusak Akibat Gempa Bumi Dok. Istimewa/Adel

Kepala BPBD Lebak Febby Rizky menyampaikan, data yang dihimpun sementara ada sebanyak 32 rumah warga rusak akibat gempa bumi tersebar di 10 kecamatan di Lebak.

"Sebanyak 12 rumah rusak berat, 3 rusak sedang, 17 rusak ringan," kata Febby saat dikonfirmasi.

Berikut rincian kerusakan rumah dan korban luka di wilayah Kabupaten Lebak:

- Kecamatan Cibadak : 1 rumah rusak berat atas nama ibu Arinah Kp. Rancasemapasir Desa Kaduagung Timur

- Kecamatan Gunung Kencana : ambruknya atap kelas Sekolah MAN 3 Lebak Kecamatan Gunungkencana

- Kecamatan Cijaku: ambruknya atap 1 rumah rusak sedang, atas nama Sanab Kp. Lewi Koret Desa Cipalabuh Kecamatan Cijaku

- Kecamatan Wanasalam: ambruknya atap sekolah SMPN 3 Wanasalam dan ambruknya atap 1 rumah rusak sedang, atas nama Endin Kp. Bunut Girang, Desa Parungpanjang Kecamatan Wanasalam

- Kecamatan Cihara: 16 rumah terdampak dengan rincian: 1 rumah di Kampung Desa Ciparahu, 1 Rumah Di Kp. Cintahade Desa Lebakpendey dan 14 rumah di Desa Citepuseun.
Sebanyak 9 rumah rusak ringan dan 7 rumah rusak berat. Dua keluarga mengungsi akibat gempa dan 1 mengalami luka ringan, atas nama Sari akibat tertimpa genteng saat hendak keluar rumah

- Kecamatan Malingping: Ambruknya 1 rumah rusak sedang atas nama Ibu Reni Kp. Sukaraja Desa Sukaraja Kecamatan Malingping. Satu orang luka ringan di kepala akibat tertimpa genteng

-  Kecamatan Banjarsari: 4 rumah terdampak dengan rincian 2 rusak ringan di Kp.Warung Sugan, Desa Cilegong Hilir dan 2 rumah rusak berat Di Kp. Pakis Desa Tamansari Kecamatan Banjarsari.

- Kecamatan Sobang: ambruknya atap Sekolah SDN 1 Sukaresmi Kecamatan Sobang
- Kecamatan Cirinten: 7 rumah terdampak. 6 rusak ringan dan 1 rusak berat. 4 Desa Cibarani, 2 rumah Desa Nanggerang, 1 rumah Desa Parakanlima

- Kecamatan Rangkasbitung: 1 rumah rusak berat, atas nama Ibu Rosdede Kp. Lebong Kelurahan Cijoro Pasir Kecamatan Rangkasbitung.

2. Sebanyak 3 sekolah terdampak dan 2 orang luka ringan

32 Rumah Warga di Lebak Rusak Akibat Gempa Bumi Dok. Istimewa/Dede

Selain itu rumah warga, tiga unit sekolah rusak akibat guncangan gempa tersebut, yakni SMPN 3 Wanasalam, MAN 3 Gunung Kencana dan SDN 1 Sukaresmi, Kecamatan Sobang. Sementara, untuk korban jiwa masih nihil.

"Ada 2 orang luka ringan yakni di Cihara dan Malingping," katanya.

3. Warga diminta waspada gempa susulan

32 Rumah Warga di Lebak Rusak Akibat Gempa Bumi Bangunan terdampak gempa M 6.7 di Banten yang terjadi pada Jumat (14/1/2022). (dok. IDN Times/Istimewa)

Febby menghimbau kepada masyarakat tidak panik, namun tetap waspada terhadap kemungkinan terjadi gempa susulan. Warga pun diminta memeriksa secara mandiri rumah masing-masing agar memastikan rumah masih aman.

"Saya telah menginstruksikan Dinsos untuk bergerak cepat memenuhi kebutuhan sembako dan lain-lain untuk korban," katanya.

Baca Juga: [BREAKING] Banten Digoyang Gempa Susulan M 5,7  

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya