Ada 1 ODP di Lokasi, Pesta Pernikahan di Serang Ini Dibubarkan!

Polisi tak beri toleransi pada kegiatan yang undang massa

Serang, IDN Times - Aparat kepolisian membubarkan sebuah acara pesta resepsi pernikahan di Kampung Priuk, Desa Singamerta, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang. Selain karena membuat warga berkerumun, polisi menemukan fakta lain. 

Kapolsek Ciruas Kompol Sukirno menjelaskan, temuan mengenai pesta resepsi itu bermulai ketika polisi mendapat laporan dari warga. Untuk mengantisipasi penularan virus corona, polisi langsung mendatangi lokasi resepsi pada Jumat (27/3). 

"Dibubarkan dan diimbau agar pesta pernikahannya ditunda, sesuai maklumat Kapolri terkait corona COVID-19. Alhamdulillah setelah kita jelaskan, mereka paham," katanya Sukirno saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Diduga Ada Pasien PDP Terlantar, Ini Kronologi Versi RSU Tangerang

1. Fakta lain, ternyata di lokasi terdapat ada satu orang ODP

Ada 1 ODP di Lokasi, Pesta Pernikahan di Serang Ini Dibubarkan!Tangkapan layar video

Menurut Sukirno, kepolisian harus bertindak cepat dan membubarkan kegiatan yang melibatkan banyak orang. Apalagi berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang di wilayah Kecamatan Ciruas terdapat empat Orang Dalam Pemantauan (ODP).

"Yang saya tahu di lokasi resepsi pernikahan, ada 1 orang yang ODP. Kita khawatir, jangan sampai virus corona ini menular ke masyarakat sekitar," ujarnya.

2. Upaya memutus mata rantai penularan COVID-19

Ada 1 ODP di Lokasi, Pesta Pernikahan di Serang Ini Dibubarkan!Tangkapan layar video

Sukirno mengungkapkan pihak kepolisian, TNI, hingga pemerintah tengah gencar berupaya mencegah atau memutus mata rantai virus Corona COVID-19 agar tidak menyebar. Untuk itu, masyarakat harus ikut membantu dengan tidak menggelar pesta atau mengumpulkan massa.

"Diimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengindahkan instruksi pemerintah terkait persoalan virus corona. Jangan berkerumun untuk sementara waktu dan jangan sering keluar rumah dulu jika tidak penting," ungkapnya.

3. Tak akan memberi toleransi kepada masyarakat

Ada 1 ODP di Lokasi, Pesta Pernikahan di Serang Ini Dibubarkan!Tangkapan layar video

Terpisah, Kapolres Serang AKBP Mariyono mengatakan akan menindaklajuti maklumat tersebut, serta mengancam akan menindak tegas dan membubarkan kegiatan yang melibatkan massa. Dalam pencegahan virus corona ini, Polres Serang tidak akan memberikan toleransi.

"Kita bubarkan, sudah tidak boleh lagi. Maklumat ini sudah kita sebar dan pasang di tempat-tempat yang mudah dilihat banyak orang," katanya.

Baca Juga: Sempat Dirawat dengan Status PDP COVID-19, Dosen UBL Meninggal 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya