Baru 74 Persen Sekolah di Kota Serang yang Siap Belajar Tatap Muka

Vaksinasi guru sedang berjalan

Serang, IDN Times - Belum semua sekolah di Kota Serang siap melaksanakan kelas tatap muka. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Serang melarang sekolah yang tidak siap untuk membuka kelas tatap muka.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim memang menargetkan sekolah tatap muka dibuka pada Juli 2021 mendatang. Kendati demikian, pembelajaran tatap muka tersebut harus dengan persetujuan pemerintah daerah dengan mempertimbangkan kesiapan fasilitas sekolah untuk menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Simalakama Orangtua di Banten Jika Sekolah Tatap Muka Dimulai 

1. Baru 74 persen sekolah di Kota Serang siap gelar tatap muka

Baru 74 Persen Sekolah di Kota Serang yang Siap Belajar Tatap MukaIlustrasi sekolah tatap muka. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang Wasis Dewanto mengungkap, baru 74 persen sekolah TK, SD dan SMP di wilayahnya yang sudah siap menggelar pembelajaran tatap muka di sekolah. Hal itu didasarkan hasil pemeriksaan dan pengecekan kesiapan.

"Masih ada 26 persen belum bisa dikatakan siap, seperti misalkan fasilitas pendukung 3 M menjaga jarak, tempat cuci tangan dan menyediakan masker," kata Wasis, Jumat (19/3/2021).

2. Mayoritas sekolah yang belum siap tatap muka adalah tingkat SMP

Baru 74 Persen Sekolah di Kota Serang yang Siap Belajar Tatap MukaSejumlah siswa mengikuti kegiatan sekolah tatap muka (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Oleh karenanya, saat ini pihaknya sedang membantu sejumlah sekolah yang belum memenuhi standar sekolah di masa pandemik COVID-19 agar mereka diizinkan menggelar pembelajaran tatap muka. Persentase paling tinggi sekolah yang belum siap menggelar tatap muka di wilayahnya adalah SMP.

"Maka kami tidak akan mengizinkan sekolah yang belum siap jadi SOP betul-betul harus diikuti. Kalau tidak memenuhi standar kita minta tetap belajar online," katanya.

3. Vaksinasi guru sudah berjalan

Baru 74 Persen Sekolah di Kota Serang yang Siap Belajar Tatap MukaIlustrasi siswa SD mengenakan masker (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

Disampaikan Wasis, vaksinasi COVID-19 untuk tenaga pengajar atau guru menjadi kelompok prioritas di Kota Serang agar dapat menunjang dan memberikan rasa aman saat pelaksanakan proses kegiatan tatap muka.

"Kalau vaksin guru itu sudah berjalan sejak 12 Maret kemarin seluruh guru negeri dan swasta divaksin di puskesmas wilayah kerja masing-masing," katanya.

Baca Juga: Gubernur Sebut Bank Banten Biang Kerok Pemprov Utang DBH 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya