Comscore Tracker

Biaya Perawatan Satu Pasien COVID-19 di RSUD Banten Rp25 Juta per Hari

Semua biaya pasien COVID-19 ditanggung pemerintah

Serang, IDN Times - Biaya perawatan pasien kasus virus corona atau COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten cukup fantastis. Untuk perawatan satu pasien di rumah sakit rujukan khusus COVID-19 di tanah Jawara itu, butuh dana hingga Rp25 juta per hari.

Hingga hari ini, Kamis (25/6), tercatat ada sebanyak 70 pasien kasus COVID-19 yang dirawat di RSUD Banten.

Baca Juga: Anggaran Rapid Test di Banten Lebih dari Rp25 Miliar

1. Biaya pasien gejala ringan, membutuhkan dana Rp10 juta per hari

Biaya Perawatan Satu Pasien COVID-19 di RSUD Banten Rp25 Juta per HariIlustrasi. Pasien COVID-19 berhasil sembuh (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti menjelaskan, bagi pasien dengan gejala ringan, mendapat perawatan di ruang isolasi biasa dengan besaran biaya perawatan Rp10 juta per hari.

Sementara itu, bagi pasien COVID-19 dengan gejala serius harus dilakukan tindakan di ruang ICU, dengan total biaya tindakan mencapai Rp25 juta per hari.

"Paling cepat pasien COVID-19 yang dirawat di RSUD Banten mencapai 14 hari sampai 30 hari, tergantung pada kondisi klinis dan penyakit bawaan pasien,” kata Ati saat dikonfirmasi, Kamis (25/6).

2. Biaya pemakaman jenazah COVID-19 mencapai Rp4 juta

Biaya Perawatan Satu Pasien COVID-19 di RSUD Banten Rp25 Juta per HariIlustrasi pemakaman korban COVID-19 (Dok. ANTARA FOTO)

Sementara, untuk biaya penanganan jenazah orang yang terpapar virus yang berasal dari negeri tirai bambu tersebut sebesar Rp4 juta. Menurut Ati, seluruh biaya perawatan pasien COVID-19 di Provinsi Banten itu dibiayai oleh pemerintah daerah (pemda), termasuk biaya penanganan jenazah COVID-19 yang harus ditangani secara khusus dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Biaya pembangunannya sekitar Rp3-4 juta, dari mulai pemulasaraan, peti jenazah, sampai di antar ke tempat penguburan,” ujarnya.

3. Jumlah positif corona di Banten capai 1.243 kasus

Biaya Perawatan Satu Pasien COVID-19 di RSUD Banten Rp25 Juta per Hari. IDN Times/Siti Umaiyah

Berdasarkan data Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Provinsi Banten mencatat, jumlah kasus positif corona di Banten mencapai 1.243 kasus. Rinciannya, sebanyak 336 orang masih dirawat, sebanyak 823 orang sembuh dan sebanyak 84 meninggal dunia.

Baca Juga: [LINIMASA] Banten Melawan COVID-19 Jelang New Normal

Topic:

  • Khaerul Anwar
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya