Buruh Minta Dua Paslon di Pilkada Serang Komitmen Tolak UU Cipta Kerja

Paslon juga diminta utamakan tenaga kerja lokal

Serang, IDN Times - Kabupaten Serang pada tahun ini tengah menyelenggarakan perhelatan pemilihan bupati dan wakil bupati baru. Ada dua pasangan calon (paslon) yang berebut tahta di Pilkada Serang yakni pasangan petahana Ratu Tatu Chasanah-Panjdi Tirtayasa dan Nasrul Ulum-Eki Baehaki.

Serikat buruh di Serang berharap kepada dua pasangan calon ini lebih aspiratif dan memperhatikan nasib mereka.

Baca Juga: Menaker Ungkap Alasan Pesangon PHK di Omnibus Law Hanya 25 Kali Gaji

1. Dua paslon diminta komitmennya untuk menolak UU Cipta Kerja

Buruh Minta Dua Paslon di Pilkada Serang Komitmen Tolak UU Cipta KerjaIlustrasi. Demo mahasiswa di Makassar, Sulawesi Selatan, menolak pengesahan UU Omnibus Law Cipta Kerja, Selasa (6/10/2020). (IDN Times/bt)

Serikat buruh meminta kepada kedua paslon berkomitmen untuk menolak pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja. Karena UU yang baru disahkan oleh DPR tersebut dinilai akan merugikan para buruh terutama buruh yang ada di Kabupaten Serang.

"Karena kalau tidak ada perubahan, buruh akan terus seperti itu (melawan), kehadiran omnibus law. Kita berharap kehadiran pemerintah daerah, menjadi harapan terakhir," kata Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kabupaten Serang, Ian Septrianto Putra saat dikonfirmasi, Senin (19/10/2020).

2. Lebih mengutamakan tenaga kerja lokal

Buruh Minta Dua Paslon di Pilkada Serang Komitmen Tolak UU Cipta Kerjakab bogor

Kemudian, ia berharap kepada kedua pasangan tersebut jika terpilih menjadi bupati dan wakil bupati Serang, lebih mengedepankan tenaga kerja lokal untuk bekerja mengingat jumlah pengangguran di Kabupaten Serang dinilai masih tinggi. Berdasarkan data BPS jumlah pengangguran di Serang mencapai 72.584 orang.

"Keluhan ini sering disampaikan kepada pemerintah Kabupaten Serang tapi pada prakteknya masih sama. Ia berharap pemkab Serang kedepan membuat regulasi yang menguntungkan pekerja lokal dulu," katanya.

3. Paslon tengah menjalani tahapan kampanye

Buruh Minta Dua Paslon di Pilkada Serang Komitmen Tolak UU Cipta KerjaInfografis PIlkada Serang 2020 (IDN Times/M Shakti)

Untuk diketahui, kedua pasangan calon saat ini tengah menjalani masa kampanye hingga tanggal 5 Desember 2020 mendatang. Keduanya tengah berlomba-lomba terjun ke masyarakat untuk mensosialisasikan visi misinya.

Baca Juga: 4 Daerah di Banten yang Siap Gelar Pilkada Serentak 2020

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya