Debat Perdana, Tatu-Pandji dan Nasrul-Eki Paparkan Visi Misi

Baca baik-baik ya, sebelum mencoblos pilihan kamu~

Serang, IDN Times - Pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Serang mulai beradu visi dan misi pada debat perdana. Mereka coba mencuri perhatian publik dengan program-program yang mereka usung jika terpilih memimpin Kabupaten Serang.

Debat perdana Pilkada Serang 2020 mengusung tema "Meningkatkan kemajuan daerah dengan spirit ideologi berbangsa dan bernegara dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini ditayangkan di stasiun televisi Inews Tv, , Rabu (18/11/2020).

Baca Juga: Pilkada Serang, KPU Target 80 Persen Partisipasi Pemilih

1. Visi misi pasangam nomor urut 1

Debat Perdana, Tatu-Pandji dan Nasrul-Eki Paparkan Visi MisiCalon Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah (Dok. Bawaslu Banten)

Paslon nomor urut 1, Ratu Tatu Chasanah dan Pandji Tirtayasa mendapat kesempatan lebih dulu memaparkan visi dan misinya. Adik mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah ini pada periode kedua memiliki vis "terwujudnya Kabupaten Serang yang semakin maju sejahtera dan agamis".

Menetapkan misi pada pensekatan indeks pembangunan manusia (IPM) pelayanan pendidikan, pelayanan kesehatan, pelayanan infrastruktur penunjang. Kemudian menghadirkan pemerintah yang bersih dan berintegritas dan profesional.

"Menetapkan fungsi dan peran agama sebagai landasan moral dan spiritual dalam kehidupan individu masyarakat dan bernegara," kata Tatu dalam pemaparan visi misi.

2. Janji program pendidikan, kesehatan dan pembangunan ekonomi

Debat Perdana, Tatu-Pandji dan Nasrul-Eki Paparkan Visi MisiANTARA FOTO/Septianda Perdana

Dalam dunia pendidikan, paslon nomor 1 berjanji akan memberikan kesempatan pendidikan kepada masyarakat dengan program beasiswa yang diberikan terhadap SD SMP dan perguruan tinggi bagi masyarakat yang tidak mampu

Kemudian untuk pelayanan kesehatan, pihaknya akan mendorong masyarakat untuk berprilaku hidup sehat dan menyiapkan sarana dan prasarana penunjang kesehatan seperti puskesmas rawat inap di 29 kecamatan, menyiapkan bidan desa dan ambulans di 326 desa, menyiapkan kader penyuluh kesehatan serta menangani pengolahan sampah di masyarakat.

"Untuk peningkatan daya beli masyarakat memberdayakan ekonomi UMKM yang baru atau pengembangan yang sudah ada, pelatihan pencari kerja untuk menurunkan tingkat pengangguran," katanya.

3. Paslon nomor 2 menilai tak ada kemajuan selama periode pertama petahana

Debat Perdana, Tatu-Pandji dan Nasrul-Eki Paparkan Visi MisiPaslon Pilkada Serang 2020 (IDN TImes/M Shakti)

Sementara, pasangan calon nomor urut 2 yang mengusung tema gerakan perubahan Kabupaten Serang. Pasangan Nasrul Ulum dan Eki Baehaki menilai Kabupaten Serang yang telah menginjak usia 494 tahun. Namun, hingga saat ini belum mengalami kemajuan secara signifikan.

"Ini tercermin pada data BPS Banten 2017-2019, IPM Serang ke 6 dari 8 kabupaten/kota, laju pertumbuhan ekonomi posisi terakhir, tingkat pengangguran terbuka tertinggi dan banyak permasalahan pembangunan di Kabupaten Serang," kata Nasrul.

4. Visi misi pasangan nomor urut 2

Debat Perdana, Tatu-Pandji dan Nasrul-Eki Paparkan Visi MisiPAN dukung Tatu-Pandji di Pilkada Serang 2020 (Antaranews)

Nasrul dan Eki Baehaki memiliki visi:
"Kerja jujur, kerja cerdas, kerja tuntas mewujudkan masyarakat Serang yang sejahtera.

Kemudian memiliki 4 misi antara lain:

1. Standardisasi pelayanan kesehatan dan pendidikan secara adil dan merata

2. Menciptakan akses kesempatan kerja dan berwirausaha

3. Akselerasi pertumbuhan ekonomi melalui pembangunan jaringan infrastruktur dan jaringan sektor strategis agropolitan minapolitan dan pariwisata

4. Reformasi birokrasi modernisasi tata kelola pemerintahan yang berbasis keterbukaan.

"Lalu kita pun akan meningkatkan insentif guru honorer dan membangun e-mall UMKM, memberikan voucher pupuk untuk petani jaring ikan untuk nelayan, voucher gratis pajak kendaraan roda dua untuk ojol, bantuan driver angkot dan ojek pangkalan beasiswa S1 dan S2 guru honorer," kata Nasrul. 

Baca Juga: 4 Daerah di Banten yang Siap Gelar Pilkada Serentak 2020

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya