Mulai Besok, Sekolah SMA se-Banten Terapkan PTM 100 Persen  

Kegiatan ekstrakurikuler juga sudah diizinkan

Serang, IDN Times - Pembelajaran tatap muka (PTM) di tingkat SMA sederajat 100 persen akan diberlakukan di Provinsi Banten mulai besok, Kamis (7/4/2022). Sebelumnya, sekolah di Banten masih menerapkan PTM 50 persen, selama ,5 tahun terakhir.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banten Tabrani mengatakan, kebijakan PTM 100 persen diputuskan berdasarkan kajian situasi pandemi Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Banten.

"(PTM 100 persen SMA) besok mulai se Banten yah," kata Tabrani saat dikonfirmasi, Rabu (6/4/2022).

Baca Juga: Wacana Endemik, Banten Gelar PTM 100 Persen Awal April 

1. Tidak ada laporan kasus baru di sekolah

Mulai Besok, Sekolah SMA se-Banten Terapkan PTM 100 Persen  Gubernur Banten, Wahidin Halim, saat meninjau pembelajaran tatap muka (PTM) di SMAN 1 Kota Serang dan SMKN 1 Kota Serang, Senin (6/9/2021). (Dok. Humas Pemprov Banten)

Tabrani menyampaikan, pertimbangan penerapan kuota PTM 100 tersebut lantaran sudah tidak ada laporan temuan kasus atau ada klaster COVID-19 sejak diberlakukan PTM 50 persen sejak beberapa minggu lalu.

"Kedua sudah konsultasi dengan satgas COVID-19 melalui dinas kesehatan provinsi. Gak ada laporannya kasus baru (di sekolah)," katanya.

2. Kalau ada kasus COVID-19, sekolah gak mesti tutup

Mulai Besok, Sekolah SMA se-Banten Terapkan PTM 100 Persen  Gubernur Banten, Wahidin Halim, saat meninjau pembelajaran tatap muka (PTM) di SMAN 1 Kota Serang dan SMKN 1 Kota Serang, Senin (6/9/2021). (Dok. Humas Pemprov Banten)

Namun ada catatan yang perlu diperhatikan pengelola sekolah. Jika ada siswa yang terkonfirmasi positif COVID-19, kata Tabrani, siswa itu harus segera isolasi mandiri dan mengikuti pembelajaran daring, meski tanpa gejala. Kalau ada kasus sekolah gak mesti tutup hanya anaknya saja yang mengisolasi.

"Kedua prokesnya tetap ketat, mentang-mentang 100 persen nanti udah gak ada lagi yang pake masker, gak ada lagi tempat cuci tangan," katanya.

3. Kegiatan ekstrakurikuler juga sudah dibolehkan

Mulai Besok, Sekolah SMA se-Banten Terapkan PTM 100 Persen  Ilustrasi anggota Pramuka (ditpsmp.kemdikbud.go.id)

Selain itu, Dindikbud Banten pun telah mengizinkan sekolah menggelar kegiatan ekstrakurikuler, seperti olahraga dan pramuka usai kasus melandai. Sudah ada kebijakan pelonggaran bagi aktivitas di lingkungan sekolah.

"Kegiatan olahraga boleh, kegiatan lain udah banyak diperbolehkan," katanya.

Baca Juga: Kadinkes: 80 Persen Kasus Omicron di Banten dari Transmisi Lokal

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya