Comscore Tracker

Rekapitulasi Pilkada Serang: Tatu-Pandji Menang!

Jika tak terima, dipersilakan ajukan gugatan ke MK

Serang, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perolehan suara pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Serang 2020, Selasa (15/12/2020).

Hasil rekapitulasi tersebut pasangan calon petahana Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa unggul telak dari pasangan penantangnya Nasrul Ulum-Eki Baehaki.

Baca Juga: Daftar Paslon yang Menang di Pilkada Serentak 2020 di Banten  

1. Tatu-Pandji mendapatkan 429.054 suara

Rekapitulasi Pilkada Serang: Tatu-Pandji Menang!Dok. KPU Serang

Berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan dari seluruh kecamatan tersebut, pasangan nomor urut 1 Tatu dan Pandji memperoleh sebanyak 429.054 suara. Sementara pasangan nomor urut 2 Nasrul dan Eki mendapatkan sebanyak 247.310 suara.

Dari sebanyak 29 kecamatan adik mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah itu menang hampir di seluruh kecamatan dan hanya kalah tipis di Kecamatan Bojonegara.

"Kalau paslon yang menang paling tinggi suaranya teman-teman bisa lihat. Saksi tidak ada yang menolak," kata Komisioner KPU Kabupaten Serang, Zainal Muttaqin. 

2. Paslon diberi 5 hari untuk ajukan gugatan ke MK

Rekapitulasi Pilkada Serang: Tatu-Pandji Menang!Dok. Gerindra Banten

Disampaikan Zainal, jika para pasangan calon bupati dan wakil bupati Serang tidak menerima hasil perolehan suara yang telah ditetapkan berdasarkan rapat pleno terbuka tersebut, mereka bisa mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) dengan jangka waktu 5 hari ke depan.

"Untuk penetapan paslon, kita menunggu lima hari sampai tidak ada registrasi gugatan di MK baru kita penetapan,"katanya.

3. Tingkat partisipasi pemilih Pilkada 2020 meningkat

Rekapitulasi Pilkada Serang: Tatu-Pandji Menang!IDN Times/Margith Juita Damanik

Sementara, untuk tingkat partisipasi pada Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Serang mengalami peningkatan meski di tengah bencana alam banjir dan bencana nonalam pandemik COVID-19. Dimana tingkat partisipasi tahun ini mencapai 64 persen sedangkan pilkada sebelumnya hanya 50,8 persen.

"Walaupun tidak memenuhi target kita cukup puas karena ada kenaikan. Memang target partisipasi pemilih kita itu 75 persen," katanya.

Baca Juga: Calon Petahana di Pilkada Cilegon Tumbang Versi Sirekap KPU

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya