90 Persen Pasien COVID-19 di Kabupaten Tangerang Sembuh

Pasien yang sembuh rata-rata usia produktif

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di Kabupaten Tangerang mencapai 90 persen. Hal tersebut dikatakan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tangerang, dr. Hendra Tarmizi.

"Dari total kasus 15.286 orang, sekitar 13.490 orang sudah dinyatakan sembuh dari COVID-19," ujar Hendra, Selasa (13/7/2021).

Baca Juga: Pemkot Tangerang Keluarkan Aturan Idul Adha dan Kurban 2021 

1. Pasien sembuh tersebut berasal dari pasien rumah sakit maupun isolasi mandiri

90 Persen Pasien COVID-19 di Kabupaten Tangerang SembuhIlustrasi - Warga berdiri di dekat maneken yang dipasangkan masker di Pasar Pramuka, Matraman, Jakarta Timur, Jumat (28/2/2020). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Hendra menuturkan, presentase 90 persen kesembuhan pasien COVID-19 tersebut diambil secara keseluruhan, baik yang pernah dirawat di rumah sakit, Hotel isolasi Yasmin, maupun yang isolasi di rumah masing-masing.

"Jadi gabungan dari seluruh kasus," jelasnya.

2. Sudah 784 pasien yang keluar dari Hotel Isolasi Yasmin

90 Persen Pasien COVID-19 di Kabupaten Tangerang SembuhIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sementara itu, Koordinator Tim Relawan Hotel Singgah COVID-19 Kabupaten Tangerang, Maulia Rahma mengungkap, selama Juni 2021, terdapat 1.021 pasien yang masuk, lalu 784 pasien yang pulang dan 33 pasien yang dirujuk.

"Ini data perawatan yang berjalan di bulan Juni. Alhamdulillah, dari yang masuk, ada ratusan pasien yang sembuh dengan rata-rata usia produktif," katanya.

Setiap pasien yang sembuh, kata dia, rata-rata telah menjalani perawatan selama 11 hari di hotel isolasi.

"Tapi memang kalau dari WHO dan Kemenkes, pasien OTG itu sekitar 10 hari isolasi, kalau miliki gejala ringan ditambah tiga hari," ujarnya.

3. Mau isoman di Hotel Yasmin? Masih waiting list nih

90 Persen Pasien COVID-19 di Kabupaten Tangerang SembuhSeorang pasien COVID-19 meletakkan kedua tangan di kepalanya (ANTARA FOTO/REUTERS/Baz Ratner)

Maulia menuturkan, pasien COVID-19 yang masuk ke Hotel Yasmin terus bertambah. Per hari, ada 50 pasien baru yang masuk.

Karena keterbatasan ruangan, imbuhnya, pasien baru yang ingin isoman di Hotel Yasmin memang harus antre dan masuk daftar tunggu atau waiting list.

"Saat ini di hotel isolasi ada 300 pasien, dengan keterisian satu kamar bisa dua hingga dua hingga empat tempat tidur, khususnya klaster keluarga," ungkapnya.

Baca Juga: Hotel Isolasi Yasmin Kabupaten Tangerang Lebihi Kapasitas

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya