Hotel Isolasi Yasmin Terisi Lebih Dari 150 Persen

Dari kapasitas 240 tempat tidur, terisi 301 pasien

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Keterisian tempat tidur di Hotel Isolasi Yasmin yang terletak di Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang melebihi kapasitas. Tercatat, dari kapasitas 240 tempat tidur, per tanggal 8 Februari 2022 telah terisi 301 pasien. 

"Rata-rata pasien OTG (orang tanpa gejala)," kata Koordinator Tim Relawan Hotel Singgah Covid-19 Kabupaten Tangerang dr Maulia Rahma, Selasa (8/2/2022). 

Baca Juga: Diaktifkan Lagi, Hotel Yasmin Sudah Dipenuhi Ratusan Pasien COVID-19

1. Pengelola Yasmin terapkan skema khusus untuk pasien

Hotel Isolasi Yasmin Terisi Lebih Dari 150 PersenHotel Yasmin di Tangerang (IDN Times/Maya Aulia)

Pengelola hotel isolasi pun menerapkan skema khusus, untuk bisa menampung pasien yang hendak menjalani perawatan COVID-19 di tempat tersebut. Dimana, bila biasanya satu kamar hanya diisi satu pasien, saat ini bisa diisi dua pasien meski bukan klaster keluarga. 

"Tapi sekarang, kita tambah, dimana satu kamar terisi dua orang, dengan jenis kelamin yang sama," kata Rahma. 

2. Rata-rata, ada 72 pasien datang per hari

Hotel Isolasi Yasmin Terisi Lebih Dari 150 PersenHotel Yasmin di Tangerang (IDN Times/Maya Aulia)

Dalam kondisi saat ini, kata Rahma, dalam sehari sebanyak 72 pasien yang datang ke hotel isolasi. Di sisi lain, ada 30 pasien yang dinyatakan sembuh usai menjalani perawatan di hotel tersebut.

"Namun karena yang masuk ini cukup banyak jumlahnya, ya tetap saja penuh," ujarnya.

3. Rahma pastikan obat-obatan di Hotel Yasmin cukup

Hotel Isolasi Yasmin Terisi Lebih Dari 150 PersenIDN Times/Dok. Humas Kabupaten Tangerang

Meski banyaknya pasien yang melakukan isolasi di Hotel Yasmin, Rahma memastikan untuk obat-obat hingga oksigen tidak mengalami kekurangan.

"Untuk obat-obatan allhamudulilah kita masih aman. Kita siap dan sudah terisi penuh juga, ada 6 tabung besar dan 5 tabung kecil," ungkapnya.

4. Pemkab Tangerang siapkan RIT per kecamatan

Hotel Isolasi Yasmin Terisi Lebih Dari 150 Persenilustrasi warga isolasi mandiri (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Sementara itu, untuk menanggulangi kelebihan kapasitas di Hotel Yasmin, Pemerintah Kabupaten Tangerang mengaktifkan rumah isolasi terpadu (RIT) di 29 Kecamatan. 

"Setiap kecamatan diminta untuk mengaktifkan lagi RIT-nya agar bisa merawat pasien yang terkonfirmasi positif," kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinkes Kabupaten Tangerang, Faridz.

Pasien yang ditempatkan pada RIT tersebut, imbuhnya, merupakan mereka yang tidak memiliki gejala atau OTG, hingga gejala ringan.

"Karena kalau berat langsung dirawat ke rumah sakit. Dimana dalam hal ini RSUD Kabupaten Tangerang, hingga Siloam Kelapa Dua," ujarnya.

Sejauh ini, terdapat dua Kecamatan yang sudah siap membuka kembali rumah isolasi terpadu, yakni di Kecamatan Legok dan Cisauk.

"Sudah ada dua kecamatan yang siap, Legok dan Cisauk. Lokasi RIT di dua kecamatan itu juga jadi perhatian, karena perkembangan kasus COVID-19 yang cukup tinggi ada di bagian Selatan, Kabupaten Tangerang, seperti, Legok, Cisauk, Kelapa Dua. Dan, untuk sisanya akan kita lihat perkembangannya," ujarnya. 

Baca Juga: Tertimbun Galian PDAM, Pekerja di Kabupaten Tangerang Tewas

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya