Comscore Tracker

Seluruh ICU di RS Rujukan COVID-19 Kabupaten Tangerang Penuh!

Bed RS untuk pasien COVID-19 terisi 80-90 persen

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Seluruh ruang ICU rumah sakit rujukan untuk pasien COVID-19 di Kabupaten Tangerang penuh. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Desi Riana Dinardianti, Jumat (18/9/2020).

Desi mengungkap, ruang ICU penuh seiring angka konfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Tangerang yang terus meningkat. 

Baca Juga: Bed RS Rujukan COVID-19 di Banten sudah Terisi 60-83 Persen  

1. Terdapat 323 kapasitas tempat tidur di 25 rumah sakit untuk pasien COVID-19 di Kabupaten Tangerang

Seluruh ICU di RS Rujukan COVID-19 Kabupaten Tangerang Penuh!IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sesuai Surat Keputusan (SK) Kementerian Kesehatan dan SK Gubernur Banten, kata Desi, ada tiga rumah sakit yang menjadi rujukan COVID-19 di wilayah Kabupaten Tangerang, yakni RSUD Tangerang, RSUD Balaraja, dan RSU Siloam.

"Jadi total ketersediaan tempat tidur se-Kabupaten dengan 25 rumah sakit dengan tiga rumah sakit rujukan COVID-19 adalah 323 tempat tidur. Memang tingkat huniannya sudah cukup tinggi," kata Desi.

2. Tingkat keterisian tempat tidur RS rujukan COVID-19 di Tangerang mencapai 80-90 persen

Seluruh ICU di RS Rujukan COVID-19 Kabupaten Tangerang Penuh!IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Desi menuturkan, saat ini tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) di Kabupaten Tangerang mencapai 80-90 persen. Bahkan, untuk ruang ICU khusus pasien COVID-19 sudah terisi penuh.  "Dari 323 tempat tidur, berubah setiap hari tingkat keterisiannya," kata dia.

Dia kemudian mencontohkan RS Siloam Kelapa Dua yang memiliki 4 kamar ICU dan semua kini sudah terisi. Selain itu, Siloam juga mengalokasikan 100 bed untuk pasien COVID-19 dan semuanya terisi. 

3. Penambahan kapasitas ICU untuk pasien COVID-19

Seluruh ICU di RS Rujukan COVID-19 Kabupaten Tangerang Penuh!IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Desi menerangkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan para direktur rumah sakit di Kabupaten Tangerang untuk menyesuaikan ketersediaan tempat tidur. Hal ini penting untuk mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 di kemudian hari. 

"Jadi barangkali ada RS yang tambah kapasitas ICU. Seperti RS Siloam Kelapa Dua dan RS Mitra Keluarga ada rencana tambah kapasitas ICU," jelasnya. 

4. Pemkab juga sediakan 240 kamar di rumah singgah untuk pasien OTG

Seluruh ICU di RS Rujukan COVID-19 Kabupaten Tangerang Penuh!IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Pemkab Tangerang juga telah membuka Hotel Yasmin yang berada di Jalan Raya Binong, Curug, Kabupaten Tangerang untuk pasien COVID-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG).

"Ada 240 kamar yang disediakan. Di sana juga akan bisa merawat klaster keluarga," jelasnya.

Sebagai perbandingan, angka konfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Tangerang per 18 September 2020 total 1.037 orang. Sementara yang masih dirawat sebanyak 141 orang dan isolasi sebanyak 187 orang.

Baca Juga: Hotel Yasmin Gantikan Griya Anabatic Jadi Rumah Isolasi Pasien OTG

5. BOR nasional capai 49,8 persen

Seluruh ICU di RS Rujukan COVID-19 Kabupaten Tangerang Penuh!IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Berdasarkan data yang dilansir dari akun Instagram @pandemictalk, data bed occupancy rate (BOR) secara nasional telah mencapai 49,8 persen. Hal tersebut berarti sisa tempat tidur untuk pasien COVID-19 hanya 18.630 unit di seluruh Indonesia.

Meski masih berada di bawah standar WHO yakni 60 persen dari total, namun setiap hari jumlah bed di rumah sakit turun sebesar 3.423 bed.

Sementara di Kabupaten Tangerang sendiri, dari 323 jumlah tempat tidur yang tersedia, telah terisi 80-90 persennya, yang berarti 258-290 tempat tidur sudah terisi.

Topic:

  • Maya Aulia Aprilianti
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya