Vaksinasi Booster Perdana di Kabupaten Tangerang, Ini Lokasinya

Di Tangerang, booster pakai vaksin jenis Pfizer

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Tangerang baru akan memulai vaksinasi booster COVID-19 pada Kamis (13/1/2022). Seperti wilayah lainnya, pemberian vaksin dosis ketiga tersebut juga akan dilakukan kepada warga usia di atas 60 tahun terlebih dahulu. 

"Sudah ada 27 ribu lansia yang terdata akan mendapat vaksin dosis ketiga ini," kata juru bicara Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tangerang Hendra Tarmizi, Kamis (13/1/2022). 

Baca Juga: Vaksinasi Booster di Banten Baru Bisa Dilaksanakan di 4 Daerah

1. Vaksinasi baru dilakukan di 5 Kecamatan

Vaksinasi Booster Perdana di Kabupaten Tangerang, Ini LokasinyaPetugas kesehatan menyiapkan vaksin COVID-19 dosis ketiga yang akan disuntikkan kepada warga saat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 Booster di Denpasar, Bali, Rabu (12/1/2022). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Untuk hari pertama pelaksanaan vaksinasi booster ini, kata Hendra, akan dilakukan di lima kecamatan terlebih dahulu. "Di Tigaraksa, Cikupa, Balaraja, Pasar Kemis, dan Panongan," ungkapnya. 

Masing-masing di kecamatan, ada sekitar seratus lansia yang menjadi target vaksinasi booster. Mekanisme pemberian vaksinasi di kecamatan ini akan berlangsung fleksibel.  Sebab, lanjut Hendra, tiap puskesmas juga harus melaksanakan vaksinasi COVID-19 untuk usia anak 6 sampai 11 tahun ke sekolah-sekolah.

"Bila di kecamatan tersebut tidak sedang melakukan pelayanan vaksinasi ke sekolah, maka bisa dimaksimalkan 500 vaksinasi booster per hari," ujar dr Hendra. 

2. Vaksinasi di semua kecamatan akan dilaksanakan pada Jumat, 14 Januari 2022

Vaksinasi Booster Perdana di Kabupaten Tangerang, Ini Lokasinyailustrasi vaksin booster (IDN Times/Aditya Pratama)

Setelah lima kecamatan tersebut, pihaknya pun berencana akan melaksanakan vaksinasi booster secara serentak di seluruh wilayah pada Jum'at, 14 Januari 2022 mendatang. 

"Kita lihat di lima kecamatan dulu," tuturnya. 

3. Gunakan Vaksin Pfizer untuk booster

Vaksinasi Booster Perdana di Kabupaten Tangerang, Ini LokasinyaIlustrasi vaksin Pfizer (Reuters/Dado Ruvic)

Hendra pun menyebut, untuk booster di Kabupaten Tangerang menggunakan jenis Pfizer. Sebab, pada Rabu, 12 Januari lalu, datang lagi sebanyak 80 ribu dosis Pfizer dari Kementerian Kesehatan.

"Untuk saat ini stok aman," katanya. 

Seperti diketahui, sebanyak 27 ribu lansia di Kabupaten Tangerang tercatat sebagai peserta vaksinasi booster di Kabupaten Tangerang. Mempersiapkan hal tersebut, Pemkab setempat berkoordinasi dengan dua RSUD, pimpinan rumah sakit, puskesmas, para camat hingga layanan fasilitas kesehatan lainnya. 

Baca Juga: 7 Restoran Korea di Tangerang Ini Dijamin Bikin Nagih

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya