Comscore Tracker

Polisi Tangkap Tersangka Pembunuh Ojek Pangkalan di Tangerang

Modus tersangka: berpura-pura jadi penumpang ojek pangkalan

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Seorang tukang ojek pangkalan ditemukan tewas di sebuah area persawahan di Kampung Rancahaur, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang pada Minggu (22/1/2023). Tukang ojek berinisial SD (65) tersebut ditemukan bersimbah darah setelah sebelumnya diketahui membawa penumpang.

Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Faisal Febrianto saat konferensi pers mengatakan, polisi sudah menangkap PP, tersangka pembunuhan SD.  "Pelaku (PP) cukup sadis, lukanya (korban) cukup parah. Helm yang digunakan korban hancur di belakang," kata Faisal di markasnya, Selasa (24/1/2023). 

Baca Juga: Kakek Pengemudi Ojek di Tangerang Kena Begal, Tewas karena Luka Bacok

1. Tersangka PP berpura-pura menjadi penumpang ojek

Polisi Tangkap Tersangka Pembunuh Ojek Pangkalan di TangerangIDN Times/Dok. Polres Tangsel

Kejadian nahas yang menimpa SD bermula ketika  pelaku PP (26), berpura-pura menjadi penumpang yang ingin diantar oleh ojek pangkalan sekitar pukul 04.00 WIB. Gayung bersambut, korban SD pun saat itu tengah menunggu penumpang disebuah pangkalan ojek di Pasar Parung Panjang, Kabupaten Bogor.

Kemudian, PP meminta untuk diantarkan ke ke Desa Malang Nengah, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang.  "Pelaku ini sistemnya masih mengacak untuk memilih korbannya, bukan mapping. Tapi sudah mempersiapkan senjata tajam jenis golok," kata Faisal. 

2. Korban membunuh korban saat di area persawahan sepi

Polisi Tangkap Tersangka Pembunuh Ojek Pangkalan di TangerangIDN Times/Dok. Polres Tangsel

Setelah melewati jalan yang sepi di area persawahan, tersangka PP mulai melancarkan niatnya untuk melukai SD dan membawa kabur harta bendanya. 

"Tersangka berpura-pura menjatuhkan kepala charger dan meminta korban untuk menghentikan laju kendaraannya. Tersangka langsung melancarkan aksinya dengan membacok golok ke arah leher dan kepala korban," papar Faisal. 

Golok yang digunakan tersangka pun berukuran besar dan berkarat. Hal ini terlihat dari barang bukti yang diamankan polisi.

Sesaat korban jatuh berselimutkan darahnya sendiri, PP langsung membawa motor jenis Vario terbaru milik korban beserta barang lainnya. 

"Ini yang ditebaskan (golok) ke kepala korban, pecah (helm) tembus ke kepala korban, ada empat tebasan, di kepala, pipi, pungkung, dan tangan kiri. Hasil visum lukanya cukup dalam dan parah," ujar Faisal. 

Lanjut dia, saat berpura-pura menjadi penumpang, PP menyembunyikan goloknya di dalam kardus untuk mengelabui SD.  "Korban tidak curiga sama sekali. Senjata golok ini didapatkan dari online," sambung Faisal. 

Baca Juga: Kapolda Metro Jaya Kunjungi Vihara Boen Tek Bio di Tangerang

3. Tersangka ingin mengambil sepeda motor korban

Polisi Tangkap Tersangka Pembunuh Ojek Pangkalan di TangerangIDN Times/Dok. Polres Tangsel

Faisal mengatakan, tersangka yang tergolong muda tersebut sengaja membunuh SD karena faktor ekonomi. 

"Ingin memiliki sepeda motor milik korban dan akan dijual. Selanjutnya uang akan digunakan untuk membayar utang, bayar kontrakan, dan kebutuhan sehari-hari," jelasnya.

4. Tersangka ditangkap saat asik nongkrong dengan teman wanitanya

Polisi Tangkap Tersangka Pembunuh Ojek Pangkalan di TangerangIDN Times/Dok. Polres Tangsel

Polisi pun berhasil menangkap tersangka PP kurang dari 24 jam, hasil kerja sama Polres Tangerang Selatan dibantu Polda Metro Jaya sekitar pukul 14.00 WIB di kawasan Taman Barito, Jakarta Selatan beserta barang bukti motor milik korban SD. 

Saat akan ditangkap, PP tengah asyik nongkrong bersama teman wanitanya di Taman Barito, Jakarta Selatan. Untuk sementara, wanita tersebut masih diamankan Polres Tangerang Selatan untuk pendalaman dan masih menjadi saksi. 

"(PP) Bersama teman wanitanya ya, bukan istrinya," ujar Faisal. 

Dari perbuatannya, PP disangkakan Pasal 340 KUHPidana tentang pembunuhan berencana dengan ancaman hukuman mati atau penjara seumur hidup atau paling lama 20 tahun penjara.

Baca Juga: Rekomendasi Rayakan Imlek di Mall Tangerang

Maya Aulia Aprilianti Photo Community Writer Maya Aulia Aprilianti

Trying to Love My Life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya