33 Ribu Lulusan SD Bersaing Masuk SMP Negeri di Kota Tangerang

Kursi SMP negeri di Kota Tangerang terbatas nih~

Kota Tangerang, IDN Times - Sebanyak 33.000 siswa yang lulus Sekolah Dasar (SD) di Kota Tangerang bakal memperebutkan kursi Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kota Tangerang melalui program penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2022. Kursi SMP negeri di kota ini terbatas, yakni hanya bisa menerima 10.600 siswa saja.

Hal tersebut dinyatakan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaludin saat ditemui, Rabu (2/6/2021).

Baca Juga: 5 SMA Negeri di Kabupaten Tangerang yang Bisa Jadi Pilihan Kamu

1. Kadindik: penambahan jumlah SMP Negeri membuat pemasukan sekolah swasta berkurang

33 Ribu Lulusan SD Bersaing Masuk SMP Negeri di Kota TangerangIlustrasi sekolah tatap muka. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Dari hitungan itu, hanya sekitar 30 persen siswa lulusan SD di Kota Tangerang yang menjadi murid SMPN milik Pemkot Tangerang di kota tersebut. Jamal mengatakan, Pemkot tak akan menambah jumlah SMP negeri.

Alasannya, penambahan jumlah SMP Negeri akan membuat pemasukan sekolah swasta berkurang.

"Kalo ditambah kasihan swasta. Kan mau ditambah, SD Cibodas, di Cibodas udah ada tiga yang ditambahin. Sekolah swastanya itu menjerit," kata dia.

2. Kalau tak masuk SMP negeri, siswa bisa ke swasta

33 Ribu Lulusan SD Bersaing Masuk SMP Negeri di Kota TangerangIlustrasi Pelajar (SMP). IDN Times/Mardya Shakti

Jamal mengatakan, di Kota Tangerang berjumlah 33 SMP negeri dan 338 SD negeri yang tersebar di tiap kecamatan. Jika nantinya seorang murid tak diterima di sekolah negeri, kata Jamaludin, maka dapat memasuki sekolah swasta yang ada di Kota Tangerang.

"Iya, (murid yang tak diterima) ke swasta," katanya.

3. PPDB Kota Tangerang dimulai 1 Juni

33 Ribu Lulusan SD Bersaing Masuk SMP Negeri di Kota Tangerang(Ilustrasi). Siswa dan wali murid berkonsultasi dengan petugas pusat layanan informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA 7 Solo, Jawa Tengah, Selasa (2/7/2019). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Sebelumnya, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD dan SMP tahun ajaran 2021-2022 di Kota Tangerang akan dibuka pada 1 Juni. Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengaku telah membahas petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis  PPBD.

“Kemarin sudah kita bahas juklak (petunjuk pelaksanaan) dan juknis (petunjuk teknis), sistemnya secara database, servernya. Dan kita sudah bagi ketiga zona, yaitu zona 1, 2 dan 3,” kata Arief, Sabtu (29/5/2021).

Baca Juga: Penerimaan Siswa Baru SD dan SMP di Kota Tangerang Dimulai 1 Juni

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya