39 ASN Kota Tangerang Dilantik Jadi Sekretaris dan Staf PPK KPU

Mereka ikut membantu penyelenggaraan Pemilu 2024

Kota Tangerang, IDN Times - Sebanyak 39 Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Tangerang terpilih menjadi sekretaris dan staf sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2024.

Hal ini ditandai dengan Penetapan dan Penandatanganan Pakta Integritas yang berlangsung di Day's Hotel & Suites hotel Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Neglasari, Rabu (11/1/2023).

Sekretaris Daerah Kota Tangerang Herman Suwarman yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa pakta integritas menjadi komitmen sebagai PPK yang bertanggung jawab.

"ASN yang diberikan tugas dan tanggung jawab menjadi sekretaris dan staf agar dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya," ujar Herman.

Baca Juga: Satpol PP Kota Tangerang Tertibkan PKL di Jalan Kisamaun

1. Mereka tanda tangani pakta integritas

39 ASN Kota Tangerang Dilantik Jadi Sekretaris dan Staf PPK KPUIlustrasi petugas KPPS. IDN Times/Istimewa

Herman menuturkan, pakta integritas memiliki konsekuensi yang cukup tinggi, maka perlu keseriusan dan upaya ekstra dari para panitia dalam menjalankan amanah ini.

Kata Herman, suksesnya penyelenggaraan pemilu tidak hanya dari panitia yang hadir di sini, akan tetapi dari seluruh unsur masyarakat, termasuk pemerintah.

"Untuk itu saya atas nama Pemkot Tangerang siap mensukseskan dan mendukung baik dari personel maupun sarana prasarana yang kami miliki demi terlaksananya Pemilu tahun 2024 mendatang," kata Herman.

2. Ketua KPU Kota Tangerang harap ASN terlantik bisa profesional

39 ASN Kota Tangerang Dilantik Jadi Sekretaris dan Staf PPK KPUIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Ketua KPU Kota Tangerang Ahmad Syailendra mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah yang sudah mendukung KPU Kota Tangerang dalam menjalankan penyelenggaraan pemilu.

"Saya juga mengajak teman - teman ASN untuk bisa menjaga prinsip-prinsip penyelenggaraan pemilu dan prinsip - prinsip administrasi birokrasi sebagai support system dari sekretariat PPK," kata Ahmad.

3. Jumlah Pemilih di Pemilu 2024 mencapai 204,6 juta

39 ASN Kota Tangerang Dilantik Jadi Sekretaris dan Staf PPK KPUIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Direktur Jenderal Politik dan Pemerintah Umum Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Pol & PUM Kemendagri), Bahtiar, mengajak masyarakat untuk cerdas memilih dalam Pemilu Serentak 2024 mendatang. Hal itu disampaikan Bahtiar dalam webinar “Dukungan Pemerintah dan Pemerintah Daerah dalam Menyukseskan Penyelenggaraan Tahapan Pemilu 2024”, yang dikutip Rabu (4/01/2023).

Bahtiar mengatakan, pelaksanaan pendidikan seputar politik bukanlah suatu perkara yang mudah, sehingga membutuhkan kerja sama dari semua pihak, bukan hanya Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) saja.

“Bagaimana mendidik (masyarakat) menjadi pemilih yang cerdas? Bagaimana memberikan pendidikan politik, itu pekerjaan besar, tidak mungkin dilakukan oleh hanya penyelenggara pemilu,” katanya.

Adapun jumlah pemilih di Pemilu 2024 mencapai 204,6 juta.

Baca Juga: 5 Isu Politik yang Memanas di Tahun Ini, Jelang Pemilu 2024

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya