Arief Ungkap Alasan Sampah Berserakan di Jalan KH Ahmad Dahlan

Tumpukan sampah di Jalan KH Ahmad Dahlan bikin macet

Kota Tangerang, IDN Times - Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah mengungkap sejumlah alasan mengapa sampah berserakan di KH Haji Ahmad Dahlan, Cipondoh, Kota Tangerang. Salah satunya, Arief menyoroti lokasinya yang ada di perbatasan dengan DKI Jakarta. 

"Kami sudah berkoordinasi dengan Pak Camat dan Lurah untuk melakukan pengendalian buang (transit depo/pengurangan dari sumber atau rumah), bentuk bank sampah dan patroli karena perbatasan dengan DKI (Jakarta). Khawatir ada buangan liar," ujarnya kepada wartawan, Selasa, (6/6/2023).

Baca Juga: Jorok! Tumpukan Sampah di Cipondoh Kota Tangerang Ini Bikin Macet

1. Petugas pengangkut telat datang lantaran macet

Arief Ungkap Alasan Sampah Berserakan di Jalan KH Ahmad DahlanIIustrasi sampah (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Arief mengatakan, tumpukan sampah muncul di lokasi tersebut juga disebabkan petugas yang telat datang. Diketahui, tumpukan sampah tersebut sampai membeludak ke badan jalan dan masuk ke saluran air.

Di lokasi Pasar Rubuh, kata Arief, ada dua hingga tiga armada pengangkut sampah yang beroperasi. "Viral media karena armada agak telat datang karena sedikit macet," ucapnya.

Dia menuturkan, pihaknya pun menambah armada untuk mengangkut sampah di lokasi tersebut. Arief mengatakan bahwa dia telah berkoordinasi dengan lurah dan camat setempat untuk mengendalikan pembuangan sampah.

"Pelayanan sudah ditambah tadi dengan lima armada pengangkutan over load karena Melayani 12 RW kelurahan Petir," ucapnya.

2. Ada dugaan bahwa sampah juga berasal dari warga DKI Jakarta

Arief Ungkap Alasan Sampah Berserakan di Jalan KH Ahmad DahlanMonumen Nasional (IDN Times/Lia Hutasoit)

Kini, badan jalan pun sudah terbebas dari sampah yang menumpuk. Namun, sampah masih menumpuk di TPS lokasi tersebut.

"Pencegahan dengan transit depo agar tidak berantakan serta mendirikan bank sampah upaya pengurangan timbulan sampah serta pelayanan pengangkutan lebih maksimal," kata dia.

Lebih jelas, Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, Iwan menuturkan TPS tersebut menampung sampah dari 12 RW di Kelurahan Petir. Namun ada dugaan bahwa sampah berasal dari DKI Jakarta. 

"Menurut info yang kami dapat selain 12 RW karena berbatasan dengan DKI itu mungkin ada beberapa warga DKI yang melintasi membuang sampah di sana, tapi kita masih selidiki dan nanti malam insya Allah kita lakukan patroli dan pendataan mungkin ada dari luar kota Tangerang yang buang sampah di tempat tersebut," jelasnya.

3. Sampah sampai masuk ke saluran air

Arief Ungkap Alasan Sampah Berserakan di Jalan KH Ahmad DahlanIDN Times/Muhamad Iqbal

Diberitakan sebelumnya, sebagian badan Jalan KH Ahmad Dahlan, Kelurahan Petir, Kecamatan Cipondoh sempat dipenuhi sampah berserakan. Pantauan di lokasi, Senin siang, sampah-sampah tersebut membeludak sampai ke badan jalan dan beberapa masuk ke saluran air yang berada di dekatnya.

Keberadaannya pun menyebabkan kemacetan di jalan yang menghubungkan Kota Tangerang dan Jakarta Barat ini.

Terlihat, sampah-sampah itu berpusat di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) sementara yang di lokasi tersebut. TPS sementara itu tidak bisa menampung banyaknya sampah yang datang sehingga sampah berserakan sampai ke badan jalan.

Baca Juga: Viral Biker Wanita Gak Pakai Helm, Masuk Tol Tangerang-Merak  

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya