Asyik! Taman di Kota Tangerang Segera Dibuka Kembali

Kalian harus tetap jaga prokes yah!

Kota Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kota Tangerang akan membuka empat Taman Tematik, yang menjadi salah satu fasilitas ruang publik.

Hal tersebut, mengacu berdasarkan surat edaran Wali Kota Tangerang, bahwa taman umum diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 25 persen merujuk pada aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level II Kota Tangerang.

Baca Juga: ETPD Kota Tangerang Dorong Optimalisasi Keuangan Digital

1. Warga yang mau masuk taman wajib scan barcode PeduliLindungi dulu ya

Asyik! Taman di Kota Tangerang Segera Dibuka KembaliIlustrasi aplikasi PeduliLindungi. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Kepala Disbudpar, Ubaidillah mengungkapkan uji coba pembukaan taman tematik akan berlangsung di empat taman. Diantaranya, Taman Ekspresi dan Taman Pisang serta Taman Burung akan dibuka pada Sabtu (30/10/2021).

Sedangkan Taman Gajah dan Taman Hutan Kota juga akan dibuka, namun masih menunggu QR Code PeduliLindungi.

“Ini menjadi kabar bahagia pastinya untuk seluruh pecinta taman tematik, khususnya warga Kota Tangerang. Namun, untuk Taman Gajah dan Taman Hutan Kota saat ini masih menunggu QR Code PeduliLindungi dari Pusdatin Kemenkes. Kemarin, sedikit kendala maka terlambat dibanding dua taman lainnya,” ungkap Ubaidillah, dalam keterangan tertulis, Rabu (27/10/2021).

2. Ini syarat bisa masuk taman

Asyik! Taman di Kota Tangerang Segera Dibuka KembaliTaman kunci (Humas Pemkot Tangerang)

Ia menjelaskan, untuk masyarakat Kota Tangerang yang ingin segera berkunjung ke Taman Tematik, untuk lebih dulu mempelajari dan mematuhi ketentuan berkunjung.

Diantaranya, kuota pengunjung 25 persen dari pengujung harian normal, wajib menggunakan masker, cek suhu dibawah 37,5 derajat, mencuci tangan, mengikuti arah tempuh yang sudah ditentukan dan selalu bergerak.

Selain itu, pengujung juga harus menjaga jarak aman dengan pengunjung lainnya minimal dua meter dan tidak berkerumun. Selalu mejaga kebersihan taman, wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi, anak dibawah 12 tahun wajib didampingi orangtua.

3. Sebanyak 60 petugas Satgas Taman diterjunkan

Asyik! Taman di Kota Tangerang Segera Dibuka KembaliTaman Gajah (Humas Pemkot Tangerang)

Untuk jam operasional, taman tematik akan dibuka mulai 07.00 hingga 17.00 WIB. Pengunjung juga harus mengetahui, di Taman Tematik tidak boleh menggelar kegiatan yang mengundang kerumunan massa. Selain itu, sarana olahraga dan mainan anak belum boleh digunakan. Pengunjung juga tidak diperbolehkan makan di area taman tematik.

Lanjutnya, Disbudpar juga akan menyiagakan 60 petugas Satgas Taman yang akan bertugas menjaga keamanan taman-taman tematik. Setidaknya, satu taman akan kerahkan lima petugas disetiap siftnya secara berkala.

“Karena memang, taman-taman lainnya yang belum diperkenankan buka, harus tetap dijaga oleh para Satgas Taman. Sehingga, semua taman akan tetap terpantau dengan baik. Jadi, diimbau seluruh pengujung untuk patuh prokes dan mengawasi anak-anaknya dengan baik,” kata dia.

Baca Juga: 2 Pasar Tradisional Kota Tangerang Terapkan Aplikasi PeduliLindungi

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya