Bansos Tunai untuk 171.934 Warga Kota Tangerang Cair Juni 2021

Penyaluran melalui PT Pos Indonesia

Kota Tangerang, IDN Times - Kementerian Sosial RI kembali menggulirkan program Bantuan Sosial Tunai (BST). Dengan BST ini, per keluarga akan mendapat Rp300 ribu. 

Kemensos berencana akan memperpanjang penyaluran bantuan untuk masyarakat terdampak pandemik COVID-19 ini hingga Juni mendatang. Dari 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM), sebanyak 171.934 KK berada di Kota Tangerang.

1. Bansos ini lanjutan dari penyaluran yang sempat terkendala

Bansos Tunai untuk 171.934 Warga Kota Tangerang Cair Juni 2021Seorang warga usai mendaftarkan diri sebagai penerima bantuan sosial (bansos) saat mendatangi kantor Dinas Sosial Pemkot Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/5). (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang Suli Rosadi mengatakan, BST ini merupakan lanjutan dari penyaluran yang sempat mengalami kendala. Kendala itu terjadi lantaran dalam penyaluran BST April lalu puluhan data penerima di Kota Tangerang hilang. Kejadian ini pun terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia.

"Yang jelas gini, BST ini untuk memenuhi kemarin yang katanya namanya hilang dan alamatnya hilang. Jadi terus ada perbaikan dari Kemensos," kata Suli, Kamis (20/5/2021).

Suli menyebut hal ini setelah pihaknya kembali mengajukan data yang hilang sebelumnya ke Kemensos. Kemudian, data penerima tersebut sebagian berhasil di Verifikasi.

"Jadi memang tugas Dinsos kan hanya memfasilitasi penyalurannya , tapi kebijakannya tetap ada di Kemensos. Yang dobel NIK, alamat semuanya sudah mulai dibenahi. Jadi mudah mudahan tepat sasaran sesuai dengan apa yang kita harapkan," jelasnya.

Baca Juga: Seorang Ibu di Kota Tangerang Meninggal Saat Antre Bansos Rp300 Ribu

2. Penyaluran uang bantuan itu melalui PT Pos Indonesia

Bansos Tunai untuk 171.934 Warga Kota Tangerang Cair Juni 2021IDN Times/Debbie Sutrisno

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Seksi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) untuk Dinsos Kota Tangerang, Arif Rahman. Dia menjelaskan, jumlah penerima BST sebanyak 171.934 tersebut berasal dari data penyaluran Maret hingga April. Ada pun jumlah itu adalah 168.006 KK  yang sudah direalisasikan,  kemudian ditambah 3.928 jumlah penerima yang realisasinya sedang dilaksanakan.

"Jadi jumlah itu (171.934) belum direalisasikan, tapi akan direalisasikan. Jumlah keseluruhan warga penerima manfaat akan terlihat setelah BST disalurkan," kata dia.

Penyaluran BST kepada KPM tetap dilakukan oleh PT Pos Indonesia. Namun, demikian kata Arif kurir PT Pos Indonesia kerap tak menyalurkan BST tersebut. Lantaran berbagai kendala, seperti alamat yang tak sesuai dengan hingga KPM meninggal.

"Kalau yang meninggal itu bisa diberikan kepada ahli waris yang sudah dewasa. Sementara kalau alamat tidak sesuai dikembalikan," kata Arif.

3. Ini cara mengetahui apakah kamu dapat bansos atau gak

Bansos Tunai untuk 171.934 Warga Kota Tangerang Cair Juni 2021Ilustrasi warga penerima Bansos (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Namun demikian, penerima yang merasa belum menerima BST dapat mengambilnya langsung ke PT Pos Indonesia dengan membawa surat undangan yang dikeluarkan oleh Kelurahan. "Itu ditunggu sampai masa penyaluran BST selesai (Akhir Juni). Kalau gak diambil makan akan dikembalikan ke Kemensos," imbuh Arif.

Selain itu, KPM juga mengakses status penerimaanya di https://cekbansos.kemensos.go.id/ . Bila ada KPM itu tercatat--namun tak mendapat BST dan undangan--maka KPM dapat mengajukan undangan dahulu ke kelurahan kemudian dapat mengambil langsung ke Kantor Pos terdekat.

"Di situ sering ada data sudah salur.  Pengertian data masyarakat yang sudah dikirim ke kantor pusat. Nah ini yang salah pengertian, seharusnya dipahami data itu merupakan data yang masih ada di kantor pos pusat, belum sampai di wilayah," jelasnya. 

Baca Juga: Heboh, Lord Rangga Sebut Amerika Dimerdekakan Banten 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya