BPBD Lebak Usulkan Pergantian Rumah Korban Tanah Bergerak

Sebanyak 54 rumah diajukan ke Pemprov Banten

Lebak, IDN Times - Kepala BPBD Lebak Febby Rizki Pratama mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak mengusulkan, masyarakat korban pergerakan tanah di Kampung Cihuni, Desa Curugpanjang, Kecamatan Cikulur, mendapat tempat tinggal baru.

Pemkab Lebak telah mengajukan bantuan untuk rumah warga yang hancur karena bencana tersebut ke Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Provinsi Banten.

“Kemarin sudah diusulkan sebanyak 54 rumah ke provinsi untuk pembangunan tempat tinggal baru di lahan calon relokasi korban. Bantuannya berupa RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat),” kata Febby, Kamis (17/3/2022).

Baca Juga: BPBD Harap PVMBG Segera Keluarkan Penelitian Tanah Bergerak di Lebak

1. Korban banjir bandang di Curugbitung juga dimasukkan sebagai penerima bantuan

BPBD Lebak Usulkan Pergantian Rumah Korban Tanah BergerakANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Selain mengusulkan bantuan rumah baru bagi korban pergerakan tanah, Pemkab Lebak juga mengusulkan bantuan yang sama untuk 7 rumah di Curugbitung yang terdampak banjir bandang pada awal Januari 2022.

“Iya kami tambah dengan 7 rumah yang di Curugbitung. Jadi ibaratnya 61 rumah ini sudah di-booking nih untuk Lebak, dan secara prinsip provinsi udah siap tinggal nanti dalam waktu dekat akan disurvei calon lahannya,” terang Febby.

Baca Juga: 7 Potret Rumah di Lebak Retak-retak Karena Pergerakan Tanah

2. Luas lahan yang dibutuhkan 6.000 meter

BPBD Lebak Usulkan Pergantian Rumah Korban Tanah BergerakANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/

Lahan yang dibutuhkan sekitar 6.000 meter. Luas tersebut baru menghitung untuk kebutuhan perumahannya saja, sementara untuk jalan lingkungan dan fasos fasum menunggu siteplan Dinas PRKPP kabupaten.

“Kalau calon lahan sudah clear, tapi kita bisa bergerak kalau sudah ada hasil penelitian Badan Geologi. Setelah itu baru kita urus mengenai administrasi mengenai pelepasan tanahnya ke provinsi,karena calon lahannya itu milik pemdes,” kata dia.

3. BPBD harap PVMBG segera keluarkan penelitian tanah bergerak di Lebak

BPBD Lebak Usulkan Pergantian Rumah Korban Tanah Bergerak. ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Lebak meminta Pusat Vulkanologi Meteorologi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung segera merilis hasil penelitian bencana tanah bergerak di Desa Curugpanjang, Kecamatan Cikulur Kabupaten Lebak.

"Kami berharap pekan depan bisa mengumumkan hasil penelitian di lokasi bencana tanah bergerak itu, " kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Lebak Agus Reza Faisal dikutip dari kantor berita Antara, Senin (14/3/2022.

Baca Juga: Jembatan Gantung di Lebak Terputus, Belasan Siswa Terjatuh

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya