[BREAKING] Selokan di Kompleks Batan Indah Terpapar Radioaktif

Petugas mengamankan segumpal lumpur dari selokan

Tangerang Selatan, IDN Times - Selain di rumah yang berada di Blok A, tim Tim Gegana Kimia, Biologi dan Radioaktif (KBR) Brimob Polri bersama dengan Badan Pengawas Teknologi Nuklir (Bapeten) dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) juga menyisir di Blok M, Perumahan Batan Indah, Senin (24/1). Petugas mengamankan segumpal lumpar dari selokan itu. 

Warga bernama Cucu yang merupakan pemilik rumah di samping selokan tersebut mengatakan, aparat hanya mengambil lumpur di selokan atau drainase itu, seukuran kepalan tangan orang dewasa.

Saat proses penyisiran area di drainase itu, kata Cucu, aparat menunjukkan bahwa ada paparan di atas batas normal. "Tadi lumpur yang diambil, iya di sini di got. Ambil sedikit saja. Habis itu, diukur lagi (paparan radiasi) sudah aman," ujar Cucu di lokasi.

Cucu mengatakan, sumber radiasi yang diangkut itu berupa cesium-137. "Katanya cesium, iya cesium-137," ujarnya. 

Setelah lumpur di drainase itu diangkat, polisi tidak melingkarinya dengan garis kuning pembatas. Seperti diketahui, zat Cesium-137 itu sama dengan temuan awal yang didapati berada di lahan kosong di perumahan tersebut.

Baca Juga: [BREAKING] Polisi Periksa Salah satu Rumah di Batan Indah

Baca Juga: [BREAKING] Digeledah Polisi, Rumah di Batan Indah Milik Pekerja PTKMR

Baca Juga: [BREAKING] Warga Dilarang Melintas di Blok A Batan Indah

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya