Buruh Tangerang Demo Tolak Omnibus Law Ciptaker Dijegal Polisi

Mereka tertahan di jalan dan bakal dibubarkan polisi

Kota Tangerang, IDN Times - Ribuan buruh dari tiga wilayah Tangerang Raya menggelar aksi demonstrasi untuk menolak pengesahan Rancangan Undang-undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja (Ciptaker), Senin (5/10/2020).

Ribuan buruh tersebut berkumpul di kawasan Tangcity Mall, Cikokol, Kota Tangerang untuk berangkat ke Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta. Mereka berasal dari Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Tangerang Selatan.

Baca Juga: [BREAKING] RUU Cipta Kerja Akan Disahkan Hari Ini

1. Jalan ditutup polisi, buruh membludak di jalan

Buruh Tangerang Demo Tolak Omnibus Law Ciptaker Dijegal PolisiIlustrasi buruh menuntut tolak Omnibus Law diberlakukan di Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Berkumpulnya ribuan buruh tersebut menyebabkan kemacetan di sejumlah ruas jalan. Pihak kepolisian melakukan penutupan ruas Jalan Perintis Kemerdekaan untuk menghindari adanya macet panjang.

"Terkait dengan aksi serikat buruh hari ini, perintah pimpinan bahwa kita melakukan penyekatan di titik keluar Tangerang, begitu pun di Jakarta. Karena aksi hari ini di samping kita masih dalam masa pandemi tentu saja ada maklumat dan perwal kegiatan berkumpul dilarang," ujar Wakapolres Metro Tangerang Kota AKBP Yudhistira Midyahwan.

2. Polisi bakal bubarkan demo buruh

Buruh Tangerang Demo Tolak Omnibus Law Ciptaker Dijegal PolisiRatusan buruh berunjuk rasa di kawasan Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten, Senin (5/10/2020). Dalam aksinya mereka menolak 'omnibus law' dan mengancam akan melakukan mogok kerja pada 6-8 Oktober 2020 (ANTARA FOTO/Fauzan)

Yudhistira menyebut, pihaknya masih berupaya membubarkan massa buruh ini secara persuasif. Menurutnya, tak hanya di TangCity Mall, kawasan titik keluar Kota Tangerang menuju Jakarta juga dijaga ketat Kepolisian.

"Kita berusaha menggalang persuasif untuk membubarkan. Kita cegah ke Jakarta," katanya.

Adapun terkait lalu lintas yang macet akibat demo tersebut, kata Wakapolres, para petugas Satlantas Polres Metro Tangerang Kota telah dikerahkan untuk mengurai kemacetan.

"Ya arus lalin kita siagakan tentu sebisa mungkin tidak mengganggu arus lalin," tuturnya.

3. KSPSI: buruh se-Banten bakal geruduk rapat paripurna RUU Ciptaker

Buruh Tangerang Demo Tolak Omnibus Law Ciptaker Dijegal PolisiIDN Times/Bagus F

Sementara itu, Ketua DPD KSPSI Provinsi Banten Dedi Sudarajat menuturkan massa buruh dari Banten yang berkumpul di Tangcity ini berjumlah sekitar 5.000 buruh.

"Kemarin kita dapat informasi bahwa paripurna akan dimajukan jadi Senin, maka hari Minggu seluruh serikat pekerja rapat dadakan. Kita putuskan semua berangkat ke DPR RI karena infonya bukan tanggal delapan tapi tanggal 5," jelasnya.

Menurutnya, para buruh ini akan berangkat ke Gedung DPR RI untuk menolak pengesahan RUU Ciptaker. Sebab, kata dia, pengesahan RUU tersebut dipercepat. Rencananya disahkan hari ini dalam sidang paripurna.

"Cuma mulai tadi pagi seluruh serikat buruh di titik-titik manapun semua sudah diblokir," katanya.

Pihak buruh di Banten saat ini sedang melobi Kepolisian untuk diperbolehkan berangkat ke Gedung DPR RI. Buruh di Banten sangat menolak pengesahan RUU Ciptaker karena merugikan mereka.

Baca Juga: Ini Alasan Demokrat dan PKS Tegas Menolak RUU Cipta Kerja  

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya