Cara Pemkab Tangerang Kumpulkan Data Lansia untuk Vaksinasi

Salah satunya dengan menggunakan aplikasi

Tangerang, IDN Times - Bupati Tangerang akan menggunakan dua mekanisme dalam pendataan vaksinasi orang lanjut usia atau lansia yang mendapat prioritas jatah sebesar 160.000 dosis.

Hal tersebut disampaikan dalam acara Dialog Produktif Kabar Kamis bertema "Vaksinasi: Semua Harus Kontribusi" yang diselenggarakan oleh Tim Penanganan COVID-19 Dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCP-PEN), Kamis (18/3/2021).

Baca Juga: Vaksinasi Di Kabupaten Tangerang Baru Capai 16 Persen dari Target

1. Layanan yang disiapkan salah satunya melalui aplikasi

Cara Pemkab Tangerang Kumpulkan Data Lansia untuk VaksinasiIlustrasi aplikasi-aplikasi mobile. (Pixabay.com/JESHOOTS-com)

Pertama, sistem yang dibuat berbasis aplikasi. Caranya, warga secara mandiri mendaftarkan dirinya melalui aplikasi tersebut dengan memasukkan data-data pribadi seperti NIK KTP dan NIK KK yang bertujuan untuk memverifikasi data itu sendiri.

"Untuk lansia ini memang sedang mencoba membuka layanan pendaftaran melalui aplikasi terlebih dahulu, aplikasi ini kita prioritaskan (dahulu) untuk warga lansia yang memang berada di kecamatan-kecamatan yang memiliki tingkat kerawanan-kecamatan tinggi," kata Zaki.

2. Mekanisme kedua menggunakan Satgas COVID-19 RT RW

Cara Pemkab Tangerang Kumpulkan Data Lansia untuk VaksinasiIlustrasi Penyuntikan Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Mekanisme kedua menggunakan Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 tingkat RT RW dalam mengumpulkan dan memverifikasi data.

"Setelah itu, nanti berikutnya, akan menggunakan gugus tugas atau satgas RT RW yang akan menjadi pendata untuk kita bawa ke fasilitas kesehatan Puskesmas, RSUD dan RS umum swasta. Nanti RT RW yang akan kirim surat undangan ke lansia-lansia tersebut," ungkapnya.

3. Vaksinasi di Kabupaten Tangerang baru capai 16 persen dari target

Cara Pemkab Tangerang Kumpulkan Data Lansia untuk VaksinasiIlustrasi vaksin. Dok. Antara Foto

Sebelumnya, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyebut, pihaknya sudah memvaksin 34.000 lebih orang dari total 212.000 penerima vaksin atau sekitar 16 persen. Penerima vaksin itu terdiri dari beragam kelompok profesi di wilayahnya.

Hal tersebut disampaikan dalam acara Dialog Produktif Kabar Kamis bertema "Vaksinasi: Semua Harus Kontribusi" yang diselenggarakan oleh Tim Penanganan COVID-19 Dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCP-PEN), Kamis (18/3/2021).

Baca Juga: Soal Kenakalan Anak di Jalan, DPRD: Pemkot Tangerang Harus Tegas 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya