Cartridge GeneXpert untuk Tes Cepat COVID-19 Sudah Datang Hari Ini!

Besok akan disebar ke daerah-daerah

Tangerang Selatan, IDN Times - Juru Bicara Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menyatakan, pengadaan cartridge GeneXpert alat tes cepat COVID-19 sudah datang pada siang hari ini dan kini berada di bawah otoritas bea cukai, Kamis (30/4).

Yuri mengatakan, untuk tahap awal dan sekaligus pengujian, pemerintah baru mendatangkan 1.500 cartridge untuk selanjutnya disebar ke daerah.

GeneXpert merupakan alat yang umum digunakan untuk melacak tuberculosis (TBC). Alat ini bisa dipakai untuk melacak COVID-19 dengan mengganti cartridge.

Baca Juga: RSU Tangsel Punya Alat GeneXpert, Lalu Kenapa Tes COVID-19 Masih Lama?

1. Yuri: cartridge akan disebar besok

Cartridge GeneXpert untuk Tes Cepat COVID-19 Sudah Datang Hari Ini!Dok. Indonesia PASTI BISA

Kepada IDN Times, Yuri menyebut bahwa nantinya cartridge itu akan disebar ke daerah-daerah yang rata-rata memang sudah memiliki alat GeneXpert yang sebelumnya difungsikan sebagai alat tes cepat penyakit  TBC.

"Yang pengadaan kemenkes baru sampai 1.500 dan akan disebar. Per besok, barang baru keluar bea cukai siang ini," kata Yuri.

2. Airin akan refocusing anggaran untuk pengadaan cartridge

Cartridge GeneXpert untuk Tes Cepat COVID-19 Sudah Datang Hari Ini!Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany (ISTIMEWA)

Sementara di Tangerang Selatan (Tangsel) Wali Kota Airin Rachmi Diany menyebut saat ini pihaknya tengah mengupayakan untuk mendatangkan cartridge alat tes cepat itu.

"Kemarin kita sulit sekali mencari PCR maupun cartridge. Yang (kini) kita lakukan pergeseran melalui refocusing anggaran (untuk pembelian) dan sampai hari ini kita masih kerja sama dengan Litbangkes (dalam tes COVID-19)," kata Airin, Rabu (29/4).

3. Eijkman: Saat ini, Indonesia punya sekitar 800 GeneXpert yang bisa dialihkan menjadi alat uji COVID-19

Cartridge GeneXpert untuk Tes Cepat COVID-19 Sudah Datang Hari Ini!Kepala Lembaga Eijkman Amin Subandriyo (IDN Times/Panji Galih Aksoro)

Pemerintah Indonesia berencana memakai alat GeneXpert untuk tes COVID-19. Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Institute Amin Soebandrio menjelaskan, alat ini perlu komponen khusus, hendak digunakan untuk uji COVID-19.

Amin Soebandrio menjelaskan, GeneXpert merupakan alat tes COVID-19 yang hasilnya sangat cepat dibanding alat uji yang saat ini digunakan di Indonesia.

"Jadi GeneXpert itu suatu alat pemeriksaan molekuler berdasarkan PCR, yang versinya lebih cepat, selama ini sudah dipakai di Indonesia untuk mendeteksi kuman-kuman yang resisten terhadap antiklosis, seperti TBC dan hepatitis," kata Amin kepada IDN Times, Kamis (23/4).

Amin mengatakan, alat ini sebenarnya sudah tersebar hampir di seluruh Indonesia. Sejauh ini pun sudah ada 800 unit lebih di Indonesia. Jika berhasil dijalankan, satu alat ini bisa mampu menghasilkan tes untuk 16 orang dalam satu jam. "Jika sehari mampu melakukan berkali-kali running ya bisa ratusan," kata Amin.

Amin menjelaskan agar alat ini bisa bekerja untuk mendeteksi COVID-19, dibutuhkan cartridge atau jika diibaratkan kaset perekam untuk hasil tes itu. "Yang jadi persoalannya kini, cartridge itu barang impor yang sekarang juga diburu semua negara termasuk produsen," kata Amin.

Baca Juga: [LINIMASA] Wabah COVID-19 Hantui Warga Banten

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya