Jelang Akhir Jabatan Bupati Zaki, Pembangunan RSUD Tigaraksa Dikebut

RSUD ini bisa layani 8 kecamatan Kabupaten Tangerang

Tangerang, IDN Times - Jelang akhir masa jabatan dua periode Bupati Ahmed Zaki Iskandar, Pemerintah Kabupaten Tangerang mempercepat pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tigaraksa Tipe C. Lokasi rumah sakit ini tak jauh dari kawasan Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang.

Hingga saat ini, realisasi pembangunannya sudah mencapai 30 persen. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Achmad Muchlis mengatakan, pembangunan RSUD Tigaraksa di Kampung Pabuaran terus menunjukkan peningkatan. Pembangunan diharapkan bisa dapat selesai pada akhir tahun 2023.

"Struktur gedung utama telah selesai (Lantai 5), kemudian saat ini sedang finishing dinding dan ACP pada fasade depan dari gedung utama, semua struktur gedung penunjang sudah berproses, gedung IPSRS dan kantin sudah masuk pekerjaan finishing dinding," kata Achmad Mukhlis, Rabu (31/5/2023). 

1. RSUD akan melayani warga 8 kecamatan

Jelang Akhir Jabatan Bupati Zaki, Pembangunan RSUD Tigaraksa DikebutBupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar kunjungi Kantor IDN Media HQ pada Senin (20/9/2022). (IDN Times/Rendy Septian Anwar)

Achmad mengatakan, rumah sakit ini nantinya akan mencakup pelayanan kesehatan khususnya di delapan kecamatan, yaitu Kecamatan Tigaraksa, Solear, Cisoka, Cikupa, Panongan, Curug, Jambe dan Legok.

"Pembangunan RSUD Tigaraksa merupakan program Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar untuk mewujudkan Tangerang Sehat sesuai dengan RPJMD. Selain itu, RSUD Tigaraksa nantinya bisa mengakomodasi layanan kesehatan khususnya bagi 1,5 juta penduduk di delapan kecamatan terdekat," jelasnya

2. Apa saja fasilitas layanan yang akan tersedia? Simak nih

Jelang Akhir Jabatan Bupati Zaki, Pembangunan RSUD Tigaraksa DikebutIlustrasi ruang isolasi. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Achmad mengatakan, pelayanan yang akan diberikan merupakan pelayanan IGD, Radiologi, USG, Laboratorium, pelayanan kesehatan umum, Poli gigi, Poli mata, THT, pelayanan ibu dan anak, kebidanan dan kandungan, bedah, paru, jantung, penyakit dalam, persalinan, ICU, HCU, NICU, PICCU, ICCU, tindakan bedah, dan rawat inap. 

"Berdasarkan PP Nomor 47 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Rumah Sakit, untuk tipe C kapasitas kamar tidur sekitar 150. Dan akan dilengkapi dengan 3 kamar untuk operasi," jelasnya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Soto Betawi Enak di Tangerang, Kesohor!

3. Pembangunan RSUD telan biaya ratusan miliar rupiah

Jelang Akhir Jabatan Bupati Zaki, Pembangunan RSUD Tigaraksa Dikebutilustrasi uang (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Untuk diketahui, total biaya pembangunan RSUD Tigaraksa ini diperkirakan akan menghabiskan biaya sebesar Rp250 miliar. 

Kontruksi sendiri dibangun menggunakan sistem kontrak tahun jamak atau multiyears contract.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya