Jelang Ramadan, Warga Tangsel Ramai-ramai Mandi di Sungai Cisadane

Kegiatan ini merupakan tradisi warga Tangerang jelang puasa

Kota Tangerang, IDN Times - Jelang datangnya bulan suci umat Islam atau Ramadan, Warga Keranggan di Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), beramai-ramai mandi di Sungai Cisadane, Minggu (20/3/2022).

Aktivitas itu dianggap sebagai tradisi warga untuk menyucikan diri sebelum memasuki puasa Ramadan. Usai mandi, warga kemudian bancakan nasi liwet di sisi Sungai Cisadane.

1. Kegiatan itu dikemas dalam Festival Pangadusan

Jelang Ramadan, Warga Tangsel Ramai-ramai Mandi di Sungai CisadaneDok. IDN Times/munggahan

Kegiatan itu dikemas dalam Festival Pangadusan yang diselenggarakan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Keranggan, Tangsel. Ketua Pokdarwis Keranggan, Alwani mengatakan, festival padusan sebagai salah satu wadah mempertahankan tradisi yang ada di masyarakat menyambut Ramadan.

"Ini merupakan kegiatan tahunan setiap menjelang bulan suci Ramadan. Padusan artinya mandi atau bersuci sebelum puasa. Selain itu ada juga munggahan yang diisi dengan lomba nasi liwet, kemudian hasil masakannya untuk bancakan," kata Alwani, Minggu (20/3/2022).

Baca Juga: Ngabuburit di Kawasan Rancalinta, Bisa Sambil Mancing

2. Tradisi Ramadan bisa dijadikan wisata di Tangsel

Jelang Ramadan, Warga Tangsel Ramai-ramai Mandi di Sungai CisadaneDok. IDN Times/Mat

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Tangsel, Entol Wiwi Martawijaya, mengapresiasi adanya festival Padusan dan Munggahan itu. Menurutnya, kegiatan itu menjadi salah satu potensi menarik minat masyarakat untuk berwisata.

"Ini merupakan kegiatan inisiatif masyarakat. Kami hanya mendorong dan mengarahkan agar pelaksanaan festivalnya lebih baik lagi, sehingga bisa meningkatkan wisata di Eco Wisata Kampung Keranggan ini," ungkapnya.

3. Kemenag bakal tentukan awal puasa pada 1 April mendatang

Jelang Ramadan, Warga Tangsel Ramai-ramai Mandi di Sungai CisadaneKantor Kementerian Agama. IDN Times/Helmi Shemi

Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat (penetapan) awal Ramadan 1443 Hijriah secara hybrid pada Jumat, 1 April 2022, atau bertepatan dengan 29 Syakban 1443 Hijriah. 

“Karena masih pandemik, sidang akan kembali digelar secara hybrid. Gabungan antara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan," ujar Dirjen Bimas Islam dari Kemenag, Kamaruddin Amin di Jakarta, Senin (14/3/2022). 

Baca Juga: MUI Serang: Larangan Restoran Buka Siang Hari Itu Kearifan Lokal

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya