Mau Bayar Zakat Fitrah? Ini 9 Lokasi Booth Baznas Kota Tangerang

Baznas juga siapkan metode pembayaran zakat online

Kota Tangerang, IDN Times - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tangerang menyiapkan sembilan titik lokasi booth meja pembayaran zakat. Hal ini merupakan langkah untuk menjemput bola kepada masyarakat dalam pembayaran zakat fitrah jelang hari raya Idul Fitri.

Zakat fitrah ialah zakat diri yang diwajibkan atas diri setiap individu laki-laki maupun perempuan muslim yang berkemampuan sesuai syarat-syarat yang ditetapkan. Ritual ini biasa dilaksanakan selama bulan Ramadan.

Baca Juga: Agar Gak Batal, Nih Tata Cara Wudu saat Berpuasa 

1. Ini 9 titik pembayaran zakat fitrah Baznas

Mau Bayar Zakat Fitrah? Ini 9 Lokasi Booth Baznas Kota TangerangAntara/M Agung Rajasa

Kepala Pelaksana Baznas Kota Tangerang, Jaka Firmansyah mengatakan, sembilan titik lokasi booth pembayaran zakat tersebut adalah:

1. Pusat Pemerintahan Kota Tangerang

2. Gedung MUI

3. Gedung Cisadane

4.  Mall Pelayanan Publik

5. Dinas Ketenagakerjaan atau Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

6. Kantor Pusat Layanan Haji dan Umroh

7. Kantor Kecamatan Ciledug

8.  RS Sari Asih

9. PT Tuntex Garmen.

"Jadi, ada tujuh kantor pemerintah dan dua dari perusahaan minta diadakan open booth table. Pada saat karyawan sudah gajian, ya mereka yang mau bayar zakat bisa langsung di tempat. Ini kita melakukan jemput bola," ujar Jaka, Kamis (22/4/2021).

2. Lokasi tersebut akan buka mulai 26 April mendatang

Mau Bayar Zakat Fitrah? Ini 9 Lokasi Booth Baznas Kota TangerangPetugas amil zakat menggunakan pelindung wajah dan sarung tangan plastik melayani warga yang membayar zakat fitrah di Masjid At Thoharoh, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (15/5). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Titik lokasi pembayaran zakat tersebut mulai menerima layanan mulai Senin (26/4/2021) hingga malam takbiran Hari Raya Idul Fitri. Sembilan lokasi booth table tersebut di luar dari 955 Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) di setiap masjid/musala yang tersebar di Kota Tangerang.

"Untuk besaran zakat fitrah tahun 2021 atau 1442 H ini besarannya Rp35 ribu untuk uang," katanya.

Lokasi tersebut akan dijaga sebanyak sembilan orang. Masing-masing setiap booth akan dijaga satu oran petugas. 

3. Baznas juga siapkan pembayaran zakat fitrah secara online

Mau Bayar Zakat Fitrah? Ini 9 Lokasi Booth Baznas Kota TangerangMasjid Agung Al-Azhar Jakarta membuka layanan pembayaran zakat fitrah sistem drive thru selama pandemik COVID-19 dengan memberlakukan protokol kesehatan dan keselamatan. (ANTARA FOTO/Galih Pradipt)

Meski demikian, untuk memudahkan masyarakat dalam pembayaran zakat. Selain secara langsung, Baznas menyiapkan strategi pembayaran secara online atau transfer. Apalagi saat pendemi COVID-19 ini mengurangi mobilitas masyarakat.

Pembayaran itu bisa dilakukan, Aplikasi Tangerang Live, website tangerangsedekah.co.id, Scan QRIS dengan e-wallet, GoPay, Ovo, Dana, ecommerce Tokopedia, Bukalapak dan sebagainya. 

Umat juga bisa membayar zakat melalui transfer rekening Baznas Kota Tangerang BSI 447 7044 774, eks BNI Syariah an BAZNAS Kota Tangerang.

Baca Juga: 3 Makam Bersejarah Islam di Kabupaten Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya