Comscore Tracker

Nih Syarat Lansia Lebak yang Bisa Vaksinasi COVID-19

Ada 5 pertanyaan khusus bagi lansia. Siapkan jawaban jujur

Lebak, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak telah menerima vaksin COVID-19 untuk masyarakat lanjut usia (Lansia). Vaksinasi dimulai itu dimulai hari ini Senin, (29/3/2021).

Kasi Imunisasi, Surveilans dan Krisis Dinkes Lebak, Bachtiar menyebut masing-masing fasilitas kesehatan di Lebak telah memiliki data lansia calon penerima vaksin berdasarkan data hasil koordinasi dengan pos pembinaan terpadu (posbindu) lansia.

“Termasuk data lansia jemaah haji dari Kementerian Agama (Kemenag) yang sudah kami sebar ke faskes,” ujar Bachtiar.

Baca Juga: Vaksinasi Lansia di Serang Masih Rendah, Kenapa? 

1. Lansia diberi 5 pertanyaan tambahan sebelum vaksinasi. Siapkan jawaban jujur ya

Nih Syarat Lansia Lebak yang Bisa Vaksinasi COVID-19Lansia dan mitra Gojek Lansia bisa mendaftar Vaksinasi COVID-19 lewat mekanisme drive thru di aplikasi Halodoc (Dok. IDN Times)

Meski vaksin yang akan diberikan kepada lansia sama dengan vaksin yang diberikan kepada petugas pelayanan publik--yakni produksi Bio Farma--namun ada tambahan lima pertanyaan riwayat kesehatan kepada lansia.

Beberapa syarat yang harus menjadi perhatian bagi lansia yang akan menjalani vaksinasi. Beberapa kondisi itu adalah orang yang mengalami kesulitan untuk naik 10 anak tangga, sering mengalami kelelahan, memiliki paling sedikit lima dari 11 penyakit (Hipertensi, diabetes, kanker, penyakit paru kronis, serangan jantung, gagal jantung kongestif, nyeri dada, asma, nyeri sendi, stroke dan ginjal).

"Mengalami kesulitan berjalan 100-200 meter, dan mengalami penurunan berat badan yang bermakna dalam setahun terakhir,” kata Bachtiar.

2. Lansia tak bisa divaksin kalau...

Nih Syarat Lansia Lebak yang Bisa Vaksinasi COVID-19Vaksinasi lansia di Sentra Vaksinasi BUMN di PRPP Jateng Semarang. IDN Times/Istimewa

Kata dia, jika terdapat lebih dari tiga di antara lima tanda faktor kesehatan di atas, maka vaksinasi tidak bisa diberikan kepada lansia calon penerima.

“Interval pemberian vaksin untuk lansia juga berbeda. Kalau untuk lansia, jarak antara vaksin pertama dengan kedua adalah selama 28 hari, beda dengan usia di bawah lansia yakni 14 hari,” kata Bachtiar.

3. Banten vaksinasi masyarakat lansia

Nih Syarat Lansia Lebak yang Bisa Vaksinasi COVID-19Lansia dan mitra Gojek Lansia bisa mendaftar Vaksinasi COVID-19 lewat mekanisme drive thru di aplikasi Halodoc (Dok. IDN Times)

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Provinsi Banten telah meluncurkan program vaksinasi COVID-19 untuk kelompok masyarakat lanjut usia (lansia). Tenaga kesehatan lansia menjadi yang pertama yang disuntik vaksin.

Seperti diketahui, sebelumnya pada vaksinasi tahap pertama dengan sasaran tenaga kesehatan (nakes), program itu hanya diperuntukkan bagi mereka yang berusia 18 hingga 59 tahun.

Baca Juga: Sinovac Bisa Digunakan Lansia, Gubernur Banten Siap Vaksinasi

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya