Comscore Tracker

Pandemik, Pemkot Tangsel Tetap Gelar Upacara Kemerdekaan

Namun, ada penyesuaian protokol kesehatan

Tangerang Selatan, IDN Times - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal tetap melaksanakan upacara Hut Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang. Namun lokasi upacara dipindah ke Balai Kota atau Kantor Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany.

Tahun-tahun sebelumnya, upacara Kemerdekaan RI rutin dilaksanakan di di lapangan Cilenggang, Kecamatan Serpong. “Betul (dipindahkan), Itu hasil rapat beberapa kali dengan protokol.” kata Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga, Endang, Sabtu (8/8/2020).

Baca Juga: Wali Kota Serang Izinkan Warganya Gelar Perlombaan Kemerdekaan 

1. Upacara dilakukan sedikit orang dan paskibra hanya enam orang

Pandemik, Pemkot Tangsel Tetap Gelar Upacara KemerdekaanInstagram.com/carisma.six

Menurut Endang, lokasi upacara pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih 17 Agustus di Lapangan Balai Kota Tangsel, Jalan Raya Maruga Nomor 1, Serua, Kecamatan Ciputat jumlah pesertanya akan dibatasi karena protokol kesehatan COVID-19 melarang adanya kerumunan.

Dalam upacara itu, lanjutnya, Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) juga akan disesuaikan dengan petunjuk Kemenpora dan surat edaran Sekretariat Negara.

”Jadi kita pilih enam orang. Yang petugas pagi tiga orang, sore tiga orang,” jelas Endang.

2. Peserta dibatasi hanya kalangan tertentu

Pandemik, Pemkot Tangsel Tetap Gelar Upacara KemerdekaanIlustrasi upacara bendera (IDN Times/kelembagaan.perpusnas.go.id)

Endang mengatakan, para peserta yang diundang ikut upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 hanya pejabat eselon II dan III serta Forkominda (Forum komunikasi pimpinan daerah) serta unsur perwakilan TNI dan Polri.

“Karena kondisi ya, bukan karena tidak mau (masyarakat) dilibatkan, sesuai dengan protokol, kondisi lapangan yang tidak memungkinkan untuk dilaksanakan dengan protokol kesehatan,” kata Endang.

3. Paskibra tahun ini menggunakan Paskibra tahun 2019

Pandemik, Pemkot Tangsel Tetap Gelar Upacara KemerdekaanIDN Times/Muhamad Iqbal

Endang mengatakan, anggota Paskibra yang ditugasi mengibarkan serta menurunkan bendera pada tahun ini merupakan anggota 2019 yang diseleksi.

“Nah kita pilih kemarin yang memang temen-temen yang sudah dirancang untuk petugas pengibar bendera yang di pasukan delapan itu,” kata Endang.

Baca Juga: 17 Agustus Kala Pandemik, Pemkot Imbau Warga Tangerang Gak Berkerumun

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya